Jimny LJ 80
Dikenal sebagai Jangkrik di Jabar Jateng..Kotrik di Jatim. Mobil yg tangguh di segala medan. Murah dikisaran 20-40 juta rupiah. Kategori mini SUV (Sport utility vehicle). Spesifikasi…
Powertrain |
Cylinders alignment: | Line 4 |
Displacement: | 797 cm3 / 48.6 cui |
Bore: | 62 mm / 2.44 in |
Stroke: | 66 mm / 2.6 in |
Compression ratio: | 8.7 : 1 |
Horsepower net: | 29.5 kW / 40 PS / 40 hp (DIN) |
/ 5500 | |
Torque net: | 60 Nm / 44 ft-lb |
/ 3500 | |
Car power to weight rationet: | 39.9 watt/kg / 18.1 watt/lb |
Car weight to power rationet: | 25.1 kg/kW / 18.5 kg/PS / 40.8 lbs/hp |
Fuel capacity: | 40 liter / 10.6 U.S. gal / 8.8 imp. gal |
Parts catalog LJ80
now… let’s talk about this great car…
Keunggulan:
- Termasuk dalam kategori SUV (sport utility vehicle)…jadi wajar bro kalo body dibuat lebih tebal platnya dari mobil jenis lain.
- Bebanjiran oke
- Hampir semua track bisa dilewati dg mudah…gunung…pantai…jalan rusak…sedikit lumpur…no road no problem!
Kelemahan:
Opini saya, mobil ini dalam kondisi standar masih belum mumpuni utk jalan ke trek ekstrim (tanjakan tinggi, jalan yg rusak berat) plus bawa beban berat (keluarga plus bawaan). Mari lihat spesifikasi dulu…
Jimny standar 4×2 (2 wheel drive)
Suzuki Katana lemah di tanjakan?
Ini pernah terjadi pada saya, suzuki katana long wheel base, gear box std (9×37), ban extra grip 7.00 R15…ternyata berpengaruh pada putaran tenaga lemah, terutama ketika menghadapi tanjakan panjang!
Setelah saya pelajari, rupanya ban besar itu harus diimbangi gear belakang yg sepadan, terus saya ganti gear belakang jadi 8×41….no prablem!
Atau, kembalikan ban ke standar saja deh…lebih murah dg spec 195/70 R15.
Tahapan dalam mengecat ulang Jimny gimana?
Cara modifikasi paling murah utk menjadikan mobil ini lebih tenang di tanjakan ekstrim?
adalah dg modifikasi karburator di ganti pakai Suzuki Futura lgs plug play biaya gak sampai 1 jt. Dalam kondisi mobil standar, jangan ganti ban yg besar ( ban 31 atau 33) , ini hanya buat mobil makin lemot saja.
Gbr Karbu Futura
Bagaimana jika mau pakai ban besar seperti Jeep service atau extra grip 7.00 inci?
Bro….kamu harus ganti rasio gardan belakang ke 8:41…biaya sekitar 3 juta. Pengalaman saya pakai ban extra grip 7 in…gardan standar 9:37 (lihat final drive std 4.11 dg gardan FG 841 jadi rasio 5.11)…di tanjakan lemah sekali bro…plus mesin tersiksa dg bawaan berat soalnya…
Kalo mau lebih top lagi ya pasang 4×4 , ban extra grip, gardan depan blkg fg 841…freelock…total habis deh 10 juta.
Baca pengalaman perjalanan testing motu:
Perjalanan ke Sawarna dengan Mobil Jimny
Teknik offroad 4×4
Kenapa memakai 4×4 ?
“Bisa pergi ke tempat yang tak mampu dijangkau mobil yg lain….”
(Digoreng dari Land Rover Sites)
Inilah alasan kenapa sebaiknya tidak offro
1. Ketahui kendaraan Anda luar dalam
Sebelum Anda off road, bekali diri dengan gambaran dari bagian bawah kendaraan Anda.
Tahu mana bagian yang rapuh , seperti tangki bahan bakar, bak mesin, differential, dan gearbox – anda bisa mghindari merobek bagian2 itu pada batu, tunggul pohon dan hambatan lain , jika Anda dapat melihat mereka di mata pikiran Anda. Dengan memahami bagian bawah jip yang lemah misal kopel gardan…anda tidak akan mau membenturkan as kopel dengan batu besar sehingga patah as bisa terhindar.
Ingat rak atap Anda jika Anda mengemudi di bawah pohon menggantung rendah.
Memahami teknologi on-board dan semua fitur-fiturnya. Anda akan menemukan semuanya yang anda perlu tahu dalam manual book Anda.
2. Off road seperti ahli
- Selama itu aman untuk melakukannya, ujilah lintasan dg jalan kaki di atasnya .
- Menuju ke atas bukit? Periksalah dulu, Anda harus tahu apa yang ada di sisi akhir/ puncaknya (jurangkah? wassalam)
- Tes trek dg jalan di air makai sepatu boots.
- Membawa tongkat untuk memeriksa kedalaman lumpur dan cekungan air. (Kaki basah Lebih baik daripada kendaraan terjebak.)
- Jangan menghubungkan ibu jari Anda di dalam roda kemudi. Kickback dari medan kasar bisa buat jari keseleo atau bahkan menghancurkan jari !.
3. Aturan Emas untuk off road
- Mengemudi selambat mungkin dan secepat yang diperlukan. (Drive as slowly as possible and as fast as necessary)
- Gunakan akal sehat ..mikirrr dulu (ingat tujuan offroad anda-kurangi kerusakan sedikit mungkin)
- ber offroad itu harus sesuai kemampuan, bukan semau-maunya…selalu ada batas kemampuan pada mobil, juga diri sendiri….
- Tahu kendaraan Anda : dimensi – tinggi, berat, lebar, panjang, pendekatan dan sudut keberangkatan, sudut jalan, dan ground clearance.
- Mengetahui isyarat tangan internasional untuk marshalling.
- Hindari perubahan gigi ketika bernegosiasi-menemui medan yang sulit.
- Selalu membaca tanah sejauh kedepan yang Anda bisa. Jika aman untuk melakukannya, berjalanlah dg kaki di tanah sebelum mobil melaju ke depan….tahu persis medan di depan anda….jangan nekat yg bisa membahayakan diri dan jip anda
- Hati-hati saat berkendara di permukaan longgar atau basah karena tingkat penurunan dari grip.
- Bersiaplah untuk mengakui kekalahan. Kembali dan coba lagi, atau mencoba rute alternatif. Contoh:https://youtu.be/0om3w1Txnkk
- Hindari putaran roda yang berlebihan sepanjang waktu, terutama pada tanah lunak di mana kendaraan dapat dengan mudah kehilangan momentum dan bahkan menyebabkan kerusakan lingkungan.
- Gunakan throttle gas kanan dg lembut
- Selalu menjaga kedua tangan di roda, bahkan ketika membalikkan.
- Selalu memberitahu seseorang di mana Anda akan pergi, plan rute Anda , dan jam/waktu Anda berharap untuk kembali.
- Gunakan gigi 1/ gigi Low ketika menuruni bukit…… engine braking.
- Ketika track naik/bukit, usahakan lurus ..jangan belok…..beresiko terguling!!!
- Jangan offroad sendirian.
Kit penting untuk serius off road
Untuk petualangan?
Periksa daftar kit :
- tali derek
- Sekop
- radio 2-arah
- pakaian yang sesuai
- alas kaki yang benar
- navigasi GPS dan peta
- Makanan dan air
- bahan bakar ekstra
- teknik mengemudi
4.Teknik mengemudi
Mengemudi pada medan kasar secara halus/smooth.
- Terapkan throttle/pedal gas secara lembut, melepaskannya perlahan-lahan. Hal ini untuk menghindari ban spin pada perubahan kecepatan.
- Menjaga kemudi yang tepat dan pengereman yg minimum.
- Sopir selalu yg mengontrol kendaraan. Tidak sebaliknya.
Mengatasi hambatan
- Menguji tanah dengan berjalan di atasnya sebelumnya.
- Dekati log/batang kayu, tangga batu atau parit secara diagonal/miring. Usahakan minimal tiga roda di tanah setiap saat.
- Periksa : ban full inflate.
Di track Pasir Pantai
Untuk traksi yang lebih baik di pasir, turunkan tekanan udara 10-12 psi di bawah tekanan normal pada ban konvensional-utk memperlebar tapak ban/daya cengkeram (Kembali ke tekanan normal setelah digunakan dalam kondisi ini). Coba-range tinggi 4WD untuk mempertahankan momentum ke depan.
Tergantung pada kondisi pasir, low-range 4WD dan pilihan gigi alternatif mungkin diperlukan. Menikung harus dg sudut yang lebih luas jika mungkin. Belok dg tiba- tiba akan memperlambat kendaraan, bisa membuat Anda terjebak. Sekali lagi, menjaga momentum ke depan adalah kunci. Jangan pindah gigi!
Terjebak di pasir pantai?…santai bro
Seringkali karena ban tidak cukup lebar untuk menyebarkan beban kendaraan dan / atau tapak terlalu agresif-sebisa mungkin pakai ban yg tapak/tread halus (A/T all terrain sepertinya lebih tepat). Ban tread pasir yg lebar dianjurkan untuk penyeberangan di gumuk pasir.
Anda mungkin akan membutuhkan sekop panjang. Angkat dg jack roda, masukkan/ tumpukan pasir di bawah ban dan pakai jembatan/ tangga (sand ladder), tikar, karpet, koran atau apa pun untuk menambah traksi pada roda . Jika Anda memiliki pompa, kurangi tekanan ban setengahnya akan membantu untuk mendapatkan traksi. Pastikan sudut pendekatan ke roda tepat. Kurangilah berat beban bawaan dalam kendaraan dan bergeraklah dg perlahan. Off you go!!
Gagal di tanjakan?
Jangan panik, rem mobil . Pastikan tidak ada sesuatu di belakang. Berhenti dulu. Pakai gigi mundur. Turuni jalanan. Setelah di dasar, naiklah lagi dengan pendekatan berbeda.
Kembali ke jalan
- Melepaskan diff-lock, jika diterapkan.
- Berhenti dan memeriksa setiap kerusakan kecil.
- Periksa apakah ban tercuil termasuk dalam dinding ban
- Memeriksa kerusakan body yang akan bergesekan ban.
- Periksa puing-puing yg bersarang di bawah kendaraan dan ban.
- Periksa lampu, jendela, dan cermin yang jelas.
- Periksa bahwa plat nomor masih bisa dibaca.
- Periksa semua peralatan aman.
Kecuali Anda mengemudi pada jalan yg turun, pegangan santai Anda pada kemudi dapat membantu menghindari kunci roda di trek rutted/lubang. Sebuah pegangan dengan telapak tangan dapat memungkinkan sheets untuk mendapatkan kembali posisi lurus-depan.
Terjebak di lumpur ?
Gerakkan mobil mundur maju …jangan paksa maju terus dengan putaran tinggi…
Prepalband song for you..
4 respons untuk ‘Bicara Mobil Klasik : 4×4 Jimny LJ80 – SJ 410 serta Cara Offroad yg baik’