Pengalaman Perjalanan Dari Bandung ke Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng dan Sawarna dengan Mobil Jimny Tua

“Pakai Mobil berumur tuh,…dapet Suspense nya” g.w.

Ok brader…

Kenapa Sawarna? …karena saya curious dengan kalimat blogger yang mengatakan perjalanan ke Sawarna harus dengan mobil yang sehat…(#baru)

Saya mau bagi cerita perjalanan saya melewati 2 propinsi bersama keluarga ke pantai Sawarna di Banten. Liburan panjang tahun ini, aq rencanakan main ke pantai yang lagi ngehits , Sawarna di Banten. Bro….pantai ini hits banget  dikalangan anak muda…banyaakkk sekali pasangan muda pada maen kesini. Walaupun menurut saya pantai ini sebenarnya biasa saja…yah pada akhirnya bukan masalah tempatnya…tapi ceritanya…itulah yang membedakan perjalanan berkesan atau tidak….satujuh?

Saya pakai Jimny Katana tahun 91 …25 years old now🙂 masih muda dan sehat-sehatnya ni Brow… 1000 cc…4 silinder….pengapian sistem platina.  Secara overall..saya nilai kondisi mobil saya ini 70 persen dari sisi body dan mesin….mesin saya nilai 80 persen dan body 60 persen karena dempul udah tebel bener..ahmmm…kalo dilihat memang sudah jauh dari mulus…saya pakai  seri Long Chassis….biar muat banyak orang. Secara loading….versi long ini gak kalah roomy sama kijanglah….everybody welcome! Dalam perjalanan ini di mobil ada total 7 orang ..ada dewasa dan anak-anak, belum bawaan yang cukup banyak. Sebelumnya sudah saya rubah ke versi 4×4, modal habis 10 juta untuk ganti gardan standar 937 ke 841, gardan depan belakang, Transfer case, Aisin free lock pulak…bengkel bilang ini parts seken dari Singapore. Agak over sih sebenarnya bujet 10 juta itu…tapi gak papalah untuk mengatasi penasaran pingin punya mobil 4×4 habis kesenengan main games offroad Spintires…..Disamping itu..kalo kita punya mobil SUV ginian disebut orang mobil sudah Dobel (handel) kek gimana gtu (nambah pede dikit)…padahal dengan modifikasi gardan belakang 841 saja sudah cukup dengan biaya 3 juta saja.

Kenapa saya ganti…karena mobil ini bawaan lamanya sudah pakek ban besar jeep service/extra grip 7.00 inci…kalau pake gardan standar Jimny 9:37…aku jamin gak kuat ditanjakan gunung bro..dan saya sudah mengalaminya waktu pergi ke Nagrek sebelumnya….lemah banget di tanjakan..so terpaksa kalau mau jagjag ya ganti deh gardan ke 841. Dengan Gardan 841 ini…top speed masih dapet 100 kpj di gigi 5…jadi kalo jalan di toll nggak kerasa seperti merayap. Sebenarnya kalau cuman ganti gardan 841 mobil ini dengan ban besar sudah  mumpuni pergi kemana saja…contoh ya Pantai Sawarna ini (#tested).

Selama perjalanan saya tidak mengaktifkan 4×4 juga kok (ehm ada ding waktu pulang macet di cianjur biar mesin ringan bekerja saya pakek sebentar gigi low-nya…karena macet dan nanjak plus hujan pulak..ehh sebenarnya sih cuman mau muterin gigi 4×4 yang blm kepake selama perjalanan berangkat dan hampir pulang ke Bandung). Dan menurut bengkel suruh ganti pula karburatornya, kebetulan mobil susah dihidupkan kalau distarter karena fungsi choke nya (pemampet karbu….bener gak ya kata2nya) sudah dilepas…so…saya perlu membekap karburator dan anak saya kode utk menghidupkan starter….simple lah anggap saja demikian….

Saya juga ganti sendiri spuyer standarnya ukuran 108 menjadi 115, biar mesin makan bensin lebih banyak …harapannya tenaga lebih kerasa…takut mbrebet di tanjakan gitu…bahkan saya tanya ke toko kalo ukuran spuyer ada yang sampe 180 untuk jimny ini …untuk mobil offroad ektsrim kali yak..

Spuyer

Tidak lupa saya bawa bekal busi bekas berapa biji yang sudah saya bersihkan giginya dengan sikat besi….yappp. Silinder nomer 4 saya tengeri pernah mati busi….saya tak tahu sebabnya..trus…saya ganti dengan busi bekas tadi yang udah dibersihin giginya… Setelah itu pagi-pagi saya hidupkan mesin…saya lihat semua silinder berfungsi normal dan suara cukup halus terdengar dari engine bay…alhasil lancar PP Bandung Sawarna tanpa ganti busi atau kendala lain di perjalanan…alhamdulillah…

sikat busi

Saya berangkat bersama keluarga dari Bandung, pagi setelah sarapan menuju tol Cileunyi, lanjut ke arah Padalarang…keluar tol ambil jalur Cianjur..makan siang dan solat duhur di mesjid Cianjur…

Karena otak saya dipenuhi dengan virus Jadoel…saya melihat cukup aneh di pegunungan pertambangan batu di Citatah menuju ke Cianjur dari Padalarang…banyak saya temui Truk Toyota Jadul seri DA…masih dipakai dan banyak pulak…liat deh…kayak berasa di jaman tahun 1970 neh..Truk model gini ada di games Spintires loh..wrrrrrrrhhhhhh..bunyi mesin truk tua menderu…

toyota DA bayawak lama di citatah

Truk itu dibuntuti penulis dan yang rame…terlihat motto yang bersahaja pilot Truk Toyota Tua tsb yang penuh dengan kesadaran akan pengalaman makan asemnya accu 60 ampere dunia….

lucu truk_forum_detik2

dari Cianjur…Cusss lanjut lagi ke Sukabumi ke tempat kakak…istirahat malam…pagi kami lanjut ke Pelabuhan Ratu….

jimny to sawarna1

Nahh…kalo anda pergi ke Pelabuhan Ratu dari Sukabumi akan ketemu mobil antik karya anak bangsa ini di kanan jalan….taraaaaa…MOBIL MAUNG SUKABUMI… Mungkin Yth Pak Presiden Jokowi berminat menjadikan ini sebagai Mobnas selanjutnya? we can only pray so…

Jangan lupa maen ke Pantai Karang Hawu Bro…ini point of interest jajaran pantai pelabuan ratu…

pantai-Karang-Hawu

Siang itu pula puas main dipantai Pelabuhan Ratu dan makan ikan bakar di sisi pantai yang teduh dan asri (btw…pantai di Pelabuan Ratu ini bersih tidak banyak sampah dibuang sembarangan…salut…berarti orang-orang wisatawan dan penduduk sudah sadar kebersihan lingkungan…Paling sebel tuh ya..liatin orang pakek mobil mewah…buang bungkus oreo seenaknya di jalan…(sekolah kagak dia yak…kalo sekolah gue pengin tau dimana? )

…lanjut ke arah pantai Sawarna…nahh inilah jalan dari Pelabuhan Ratu ke Sawarna yang diceritakan banyak orang harus pakek mobil atau kendaraan yang sehat (konotasinya sehat adalah baru….dalam arti usia boil tidak lebih 10 th). Selama perjalanan saya lihat memang mobil yang menuju ke Sawarna ini mobil baru  semua…termasuk punya saya…baru nekat…hehe…

Jalan menuju ke Sawarna ini memang banyak tanjakan ekstrim dan cukup panjang pula…saya rasa ada yang menanjak sampai 400 meter malah….katakanlah tanjakan 10M….karena berkalikali naik turunnya…kalau mobil gak sehat dijamin stress bro…pyuhhh saya sendiri sempat agak kurang pede karena memang tanjakannya hedun betul…tapi yah semua bisa diatasi dengan keyakinan..hmmmm…dan untuk menghilangkan stres dan mengademkan mesin saya berhenti dulu di puncak gunung menuju Sawarna tsb…

jimny to sawarna3

Di bawah itu yang keliatan seperti titik -titik adalah Pantai Ujung Genteng bro….indah sekali….kami coba pula main ombak di sana…Subhanalloh Pantai Pelabuhan Ratu itu adalah jajaran pantai yang panjang betul dan bagus-bagus….very recommended lah kata saya…penginapan ada yang 250ribu an bro yang kelas sedangnya…

Strategi berkendaraan saya adalah dengan memanteng rpm di 3000-4000…pada gigi yang dirasa nyaman berkendara …kalau saat jalannya naik panjaaangg  rpm nya turun ke 2000… saya turunkanlah giginya satu angka…dan bejek gas pollll ….demikian sampai rpm naik lagi kekisaran 3000…sederhana.. kenapa angka 3000-4000…karena menurut desain engine mobil Jimny ini dapet torsi maksimal di angka itu….bahkan kalo mobil taft badak  tua F50 solar tuh..torsi maksimal dapet di 2000 rpm.

Dengan cara demikian…sampailah kami di pantai Sawarna dengan mobil andalan keluarga kami  ini…yang aku sebut….Mobil Mangga…karena anak saya membuat ilustrasi gambar mobil kami  yang katanya mobil Jip tapi saya bilang mirip mangga …hehe ..tapi setelah saya sepakati dengan anak saya ternyata setuju dengan sebutan itu…ya udah kami sebut saja demikian dan kisah perjalanan  dibuatnya dalam versi gambarnya yang lucu khas anak-anak.

mobil mangga

Okay…sampailah di Sawarna ashar sore itu ..dan macett poll…saya tidak memaksakan diri masuk dalam kemacetan itu…kami parkir di tempat yang lowong saja untuk menghindari kemacetan…serta parkir ditempat yang kira-kira tidak ada mobil lain yang bakalan mengganggu jalan kami keluar…bisa kepater nanti.. Trus kami cari penginapan yang nyaman untuk keluarga….fyuhhh…mahal ternyata bro di weekend ini…lewat broker pasar aku kena 450 ribu…pelajarannya adalah…lebih baik kalo bisa booking dulu tempat nginapnya dengan cara telp pemiliknya…masalahnya adalah…saya tidak begitu yakin sampai tempat jam berapa jadi gak pesan penginapan gitu bro. Dan wisatawan yang cek in satu jam setelah aku di cas sudah kena 600 rb…dibayar pulak….lokasi kami dari Pantai adalah 2 km di perkampungan biasa…bukan kampung wisatanya..

…untunglah saya dikaruniai anak-anak yang berbesar hati untuk jalan kaki 2 km menuju pantai…Thank Kidzz…you are all i have in this world..

Pagi itu kami pulang dari Sawarna …masih jam 6.30 pagi.. kami beruntung bisa sarapan nasi uduk telor sambal yang enak di pinggir jalan yang dijual dari rumah penduduk asli Sawarna….murah 10 rebuan wareg deh..

Ohya…selama perjalanan PP Bandung Sawarna ini habis bensin 400 rebu…mungkin cukup boros …tapi wajar karena cukup sering ngeden di tanjakan 10M tadi…saya perkirakan mobil ini konsumsi bensinnya 1:10(hanya kira-kira karena lupa mencatat km awal dan km akhir speedo nya)

Pelajaran lain adalah…untuk rute ke Sawarna ini lebih tenang pake MPV (misal apanja) atau SUV (misal Jimny tua saya atau kalo ada duit pake deh Pajero Ford Ranger Fortuner apalagi)…karena… banyak jalan rusak..takut kena body gitu kalo mobil ceper seperti sedan teh… tapi kalo anda orangnya cukup nekat saya pikir okeh saja..

Kesimpulan dari perjalanan ini adalah…jangan takut dan nikmatilah indahnya alam indonesia pakek perjalanan dengan mobil Jimny berumur….Jimny tua kami tidak kalah bersaing kok dari sisi kehandalan dengan mobil muda Avanza Pajero Fortuner  Grand Vitara…bahkan truk Mitsubishi Fuso pun dilawan di tanjakan. Bisa dipercaya utk bawa dirimu kemana aje….i love this stuff…

Mobil Mangga….teteetetttttttt

jimny to sawarna Penampakan Mobil Mangga yang terdampar di sebuah gunung menuju Sawarna..

My Jimny My Adventure…

Only for Old Jimmers..better taste of journey…