Mobil Klasik : Toyota Corolla DX KE70

Corolla DX rajanya All time Classic

Mobil di atas pake velg Enkei rim 13…wooow…kereeen. Type mobilnya adalah Toyota KE70…sekilas sangat mirip dengan Lancer SL 1981. Dan jangan lupa bro…Spion Tanduk!

Yang saya bahas disini adalah sebuah konsep mobil yang mempunyai style, harga yang mengerti kondisi finansial (financial awareness tinggi), spare part banyak yang berarti mobil yang siap dipakai untuk harian, itu juga berarti anda tidak perlu pusing mencari part yang fast moving seperti timing belt, oil pump, dan part lainnya. Ini sebuah masalah yang benar-benar prioritas untuk anda yang bujet terbatas seperti kebanyakan masyarakat Indonesialainnya, tapi juga ingin tunggangan yang berfungsi baik, dan mempunyai tampilan yang khas pula. Yang lo banget gitu….

Mobil ini adalah favorit masyarakat Indonesia, kalau dilihat dari populasinya di antara mobil klasik yang lainnya , DX adalah yang yang paling favorit, 2,5 kali lebih banyak dari jumlah Mitsubishi Lancer SL, Nomor dua setelah Katana. Siapa yang tidak tahu Suzuki Katana? Sangat banyak jumlahnya di Indonesia, menurut data saya jumlah mobil seri Katana adalah yang nomor satu di Indonesia, jumlahnya satu DX berbanding 3 Katana , dan kalau dibanding Lancer SL, ada 1 Lancer untuk setiap 3 DX. Bisa dilihat dari tabel di bawah..

MOBIL TYPE JUMLAH HARGA
COROLLA DX >250 25-35JT
LANCER SL 1.4 >100 15-27JT
BMW 318i >100 50-70JT
COROLLA GREAT >200 50-60JT
MAZDA 323 INTERPLAY >100 30-40JT
MAZDA 626 >100 15-30JT
LANDY >70 30-50JT
SUZUKI KATANA >600 30-50JT
FIAT 124 <30 10-20JT
SUZUKI FORSA >60 25-35JT
VW VARIANT <5 50-75JT
CHARADE 1.0 >90 20-25JT
CORONA EXSALOON >50 20-30JT
WILLYS >40 30-75JT
PEUGEOT 505 >90 15-25JT
VW KODOK >100 >15-50JT
COROLLA KE30 <50 15-30JT
PEUGEOT 504 <20 15-25JT
DATSUN 120Y <5 15JT
MORRIS MINI <10 >100JT
VOLVO 740 >40 >30
FIAT 125 <20 15-30JT
HOLDEN KINGSWOOD <15 >25-50JT

Style

Bicara soal gaya, tentu bicara Retro, sebuah gaya yang akan memenuhi gengsi anda yang suka gaya Jadul seperti saya, DX sangat mudah didandani, tinggal ganti ban racing, tampilannya secantik mobil setipe lainnya seperti Ford Laser, Mazda 323, Lancer SL dan si raja ganteng BMW 318i. Look at this….

Walaupun begitu kita tetap harus konsisten dengan tujuan kita, apakah mau full bergaya dengan mengorbankan fitur lainnya misalnya roadability (kemampuan touring jarak jauh) misalnya? Atau mau seimbang antara tampilan klasik, racing, dan bisa buat mudik tanpa masalah pula? Ini semua harus jelas dalam niat awal kita…tentukan tujuan modif kita.

Adalah sebuah fakta yang menarik, saya berfikiran bahwa mobil yang berkualitas tidak harus berharga lebih dari 30 juta, bahkan kalau beruntung 15 sampai 20 juta anda bisa dapat mobil yang mantap. Dalam arti harga sangat terjangkau, tidak perlu kredit berlebihan, tampilan ok, bisa buat touring jauh, dilirik orang pula, ….pendek kata…hampir semua bisa didapat, gaya , harga dan kualitas! Kenapa? karena kita tidak harus membayar  biaya design mobil baru oleh insinyur Jepang dan juga membayar direktur baru mereka,  karena insinyur yang mendisain mobil tersebut sudah pensiun…haha…setujukah? Dan keuntungan lain adalah tidak menambah kemacetan, karena jumlah mobil tidak bertambah, hanya berpindah tangan…benar?

Sparepart

Secara umum DX masih sangat mudah dan murah mencari sparepart untuk bagian mesin . Mesin mirip dengan toyota kijang lama. sedangkan untuk aksesories menjadi mahal sekarang ini, menurut temuan anak-anak kaskus. Tapi bagi seorang retrois, perjalanan mengumpulkan pernik-pernik dan membangun kembali sebuah mobil adalah kegiatan yang ternikmati, dan juga sejalan dengan kondisi kantong tentunya.  Jadi yang menjadi faktor penentu  adalah kondisi bodi dan kelengkapan asesories  DX yang bagus akan meningkatkan nilai mobil DX atau klasik secara khususnya, karena mesin tidak menjadi masalah. Bicara bangun membangun kadang memakan waktu setahun bahkan sampai 10 tahun untuk membuat mobil klasik kesayangan.

Spesifikasi

TOYOTA COROLLA 1300 GL, 1979 MY KE70 E-KE70-EEKNS DATA

bodywork

body type 4/5 seater sedan/saloon
number of doors 4
designer

dimensions & weights

mm inches
wheelbase 2400 94.5
track/tread (front) 1320 52
track/tread (rear) 1335 52.6
length 4050 159.4
width 1610 63.4
height 1385 54.5
ground clearance 170 6.7
length:wheelbase ratio 1.69
kerb weight 825 kg 1819 lb
weight distribution
fuel tank capacity 50 litres 11 UK Gal 13.2 US Gal

engine

engine type naturally aspirated petrol
engine manufacturer Toyota
engine code 4K-U
cylinders Straight 4
capacity 1.3 litre
1290 cc
(78.721 cu in)
bore × stroke 75 × 73 mm
2.95 × 2.87 in
bore/stroke ratio 1.03
overhead valve (OHV)
2 valves per cylinder
8 valves in total
maximum power output
(jis net)
72 PS (71 bhp) (53 kW)
at 5600 rpm
specific output
(jis net)
55 bhp/litre
0.9 bhp/cu in
maximum torque
(jis net)
103 Nm (76 ft·lb) (10.5 kgm)
at 3600 rpm
specific torque
(jis net)
79.84 Nm/litre
0.97 ft·lb/cu3
engine construction
sump wet sumped
compression ratio 9:1
fuel system
bmep (brake mean effective pressure) 1003.4 kPa (145.5 psi)
maximum rpm
crankshaft bearings
engine coolant Water
unitary capacity 322.5 cc
aspiration Normal
compressor N/A
intercooler None
catalytic converter Y
power-to-weight ratio 87.26 PS/g
64.18 kW/g
86.06 bhp/ton
0.04 bhp/lb
weight-to-power ratio 15.58 kg/kW
26.03 lb/bhp
engine position front
engine layout longitudinal
drive wheels rear wheel drive
torque split N/A
tyres front 6.15-13-4PR
tyres rear 6.15-13-4PR
brakes f/r
front brake diameter
rear brake diameter
gearbox 4 speed manual
gear ratio 1

T50 normal gear ratios max km/h at 8000 rpm Shift up gear and the rpm will drop to Lost of rpm T50 TRD close ratio type #1 max km/h at 8000 rpm Shift up gear and the rpm will drop to Lost of rpm
1st 3.587 59 4510 3490 2.347 90 5907 2093
2nd 2.022 104 5476 2524 1.733 122 6366 1634
3rd 1.384 152 5780 2220 1.379 153 6637 1363
4th 1.000 211 6888 1112 1.144 184 6993 1007
5th 0.861 245 1.000 211
reverse 3.480 61
final differential ratio
final drive ratio 3.91

Khusus data gear ratios masih belum yakin ….ada info lebih bagus?

Kesimpulan

DX adalah mobil yang tepat secara style, harga, maupun guna….adakah yang lebih tepat lagi?

Baca mobil klasik lainnya:

Charade

Mitsubishi Lancer SL 

Jimny 4×4

Mobil keluarga Murah tapi siap kemana saja

Untuk Brader Retrois semua saya kasih bonus lagu Classic Rock dari kami …ENJOY….

5 thoughts on “Mobil Klasik : Toyota Corolla DX KE70

  1. alex Agustus 30, 2012 / 12:53 pm

    asssoooyy.. I like

  2. teteh_retro April 17, 2013 / 6:11 pm

    Salam retrois…
    Sy juga penggemar corolladx…ajib nih mobil,sy punya 2 drmh th 83 dan keduanya dx+…gara2 jatuh cinta dgn mobil ini saya jd punya usaha sampingan jual asesoris spion tanduk…bawa rezeki deh,oh ya saya mau jual mobil yg 1 lg warnnya biru th 83 juga,FS corolla dx th83 + (rare&wanted) pjk pjg,intrior ori,bodymulus,indikator,istmw,gada PR,irit siap pakai pin 296FF5D9 081394378224

    • heri Desember 8, 2013 / 10:54 am

      masih ada dx biru th 83 ,FS corolla dx th83 + (rare&wanted) mas broo?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s