Corolla DX rajanya All time Classic
Mobil di atas pake velg Enkei rim 13…wooow…kereeen. Type mobilnya adalah Toyota KE70…sekilas sangat mirip dengan Lancer SL 1981. Dan jangan lupa bro…Spion Tanduk!
Yang saya bahas disini adalah sebuah konsep mobil yang mempunyai style, harga yang mengerti kondisi finansial (financial awareness tinggi), spare part banyak yang berarti mobil yang siap dipakai untuk harian, itu juga berarti anda tidak perlu pusing mencari part yang fast moving seperti timing belt, oil pump, dan part lainnya. Ini sebuah masalah yang benar-benar prioritas untuk anda yang bujet terbatas seperti kebanyakan masyarakat Indonesialainnya, tapi juga ingin tunggangan yang berfungsi baik, dan mempunyai tampilan yang khas pula. Yang lo banget gitu….
Mobil ini adalah favorit masyarakat Indonesia, kalau dilihat dari populasinya di antara mobil klasik yang lainnya , DX adalah yang yang paling favorit, 2,5 kali lebih banyak dari jumlah Mitsubishi Lancer SL, Nomor dua setelah Katana. Siapa yang tidak tahu Suzuki Katana? Sangat banyak jumlahnya di Indonesia, menurut data saya jumlah mobil seri Katana adalah yang nomor satu di Indonesia, jumlahnya satu DX berbanding 3 Katana , dan kalau dibanding Lancer SL, ada 1 Lancer untuk setiap 3 DX. Bisa dilihat dari tabel di bawah..
MOBIL TYPE | JUMLAH | HARGA |
COROLLA DX | >250 | 25-35JT |
LANCER SL 1.4 | >100 | 15-27JT |
BMW 318i | >100 | 50-70JT |
COROLLA GREAT | >200 | 50-60JT |
MAZDA 323 INTERPLAY | >100 | 30-40JT |
MAZDA 626 | >100 | 15-30JT |
LANDY | >70 | 30-50JT |
SUZUKI KATANA | >600 | 30-50JT |
FIAT 124 | <30 | 10-20JT |
SUZUKI FORSA | >60 | 25-35JT |
VW VARIANT | <5 | 50-75JT |
CHARADE 1.0 | >90 | 20-25JT |
CORONA EXSALOON | >50 | 20-30JT |
WILLYS | >40 | 30-75JT |
PEUGEOT 505 | >90 | 15-25JT |
VW KODOK | >100 | >15-50JT |
COROLLA KE30 | <50 | 15-30JT |
PEUGEOT 504 | <20 | 15-25JT |
DATSUN 120Y | <5 | 15JT |
MORRIS MINI | <10 | >100JT |
VOLVO 740 | >40 | >30 |
FIAT 125 | <20 | 15-30JT |
HOLDEN KINGSWOOD | <15 | >25-50JT |
Style
Bicara soal gaya, tentu bicara Retro, sebuah gaya yang akan memenuhi gengsi anda yang suka gaya Jadul seperti saya, DX sangat mudah didandani, tinggal ganti ban racing, tampilannya secantik mobil setipe lainnya seperti Ford Laser, Mazda 323, Lancer SL dan si raja ganteng BMW 318i. Look at this….
Walaupun begitu kita tetap harus konsisten dengan tujuan kita, apakah mau full bergaya dengan mengorbankan fitur lainnya misalnya roadability (kemampuan touring jarak jauh) misalnya? Atau mau seimbang antara tampilan klasik, racing, dan bisa buat mudik tanpa masalah pula? Ini semua harus jelas dalam niat awal kita…tentukan tujuan modif kita.
Adalah sebuah fakta yang menarik, saya berfikiran bahwa mobil yang berkualitas tidak harus berharga lebih dari 30 juta, bahkan kalau beruntung 15 sampai 20 juta anda bisa dapat mobil yang mantap. Dalam arti harga sangat terjangkau, tidak perlu kredit berlebihan, tampilan ok, bisa buat touring jauh, dilirik orang pula, ….pendek kata…hampir semua bisa didapat, gaya , harga dan kualitas! Kenapa? karena kita tidak harus membayar biaya design mobil baru oleh insinyur Jepang dan juga membayar direktur baru mereka, karena insinyur yang mendisain mobil tersebut sudah pensiun…haha…setujukah? Dan keuntungan lain adalah tidak menambah kemacetan, karena jumlah mobil tidak bertambah, hanya berpindah tangan…benar?
Sparepart
Secara umum DX masih sangat mudah dan murah mencari sparepart untuk bagian mesin . Mesin mirip dengan toyota kijang lama. sedangkan untuk aksesories menjadi mahal sekarang ini, menurut temuan anak-anak kaskus. Tapi bagi seorang retrois, perjalanan mengumpulkan pernik-pernik dan membangun kembali sebuah mobil adalah kegiatan yang ternikmati, dan juga sejalan dengan kondisi kantong tentunya. Jadi yang menjadi faktor penentu adalah kondisi bodi dan kelengkapan asesories DX yang bagus akan meningkatkan nilai mobil DX atau klasik secara khususnya, karena mesin tidak menjadi masalah. Bicara bangun membangun kadang memakan waktu setahun bahkan sampai 10 tahun untuk membuat mobil klasik kesayangan.
Spesifikasi
TOYOTA COROLLA 1300 GL, 1979 MY KE70 E-KE70-EEKNS DATA | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
bodywork |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
body type | 4/5 seater sedan/saloon | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
number of doors | 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
designer | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
dimensions & weights |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
mm | inches | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
wheelbase | 2400 | 94.5 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
track/tread (front) | 1320 | 52 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
track/tread (rear) | 1335 | 52.6 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
length | 4050 | 159.4 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
width | 1610 | 63.4 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
height | 1385 | 54.5 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ground clearance | 170 | 6.7 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
length:wheelbase ratio | 1.69 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
kerb weight | 825 kg | 1819 lb | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
weight distribution | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
fuel tank capacity | 50 litres | 11 UK Gal | 13.2 US Gal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine type | naturally aspirated petrol | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine manufacturer | Toyota | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine code | 4K-U | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
cylinders | Straight 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
capacity | 1.3 litre 1290 cc (78.721 cu in) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bore × stroke | 75 × 73 mm 2.95 × 2.87 in |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bore/stroke ratio | 1.03 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
overhead valve (OHV) 2 valves per cylinder 8 valves in total |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
maximum power output (jis net) |
72 PS (71 bhp) (53 kW) at 5600 rpm |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
specific output (jis net) |
55 bhp/litre 0.9 bhp/cu in |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
maximum torque (jis net) |
103 Nm (76 ft·lb) (10.5 kgm) at 3600 rpm |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
specific torque (jis net) |
79.84 Nm/litre 0.97 ft·lb/cu3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine construction | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
sump | wet sumped | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
compression ratio | 9:1 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
fuel system | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bmep (brake mean effective pressure) | 1003.4 kPa (145.5 psi) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
maximum rpm | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
crankshaft bearings | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine coolant | Water | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
unitary capacity | 322.5 cc | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
aspiration | Normal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
compressor | N/A | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
intercooler | None | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
catalytic converter | Y | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
power-to-weight ratio | 87.26 PS/g 64.18 kW/g 86.06 bhp/ton 0.04 bhp/lb |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
weight-to-power ratio | 15.58 kg/kW 26.03 lb/bhp |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine position | front | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
engine layout | longitudinal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
drive wheels | rear wheel drive | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
torque split | N/A | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
tyres front | 6.15-13-4PR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
tyres rear | 6.15-13-4PR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
brakes f/r | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
front brake diameter | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
rear brake diameter | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
gearbox | 4 speed manual | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
gear ratio | 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
final drive ratio | 3.91 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Khusus data gear ratios masih belum yakin ….ada info lebih bagus?
Kesimpulan
DX adalah mobil yang tepat secara style, harga, maupun guna….adakah yang lebih tepat lagi?
Baca mobil klasik lainnya:
Mobil keluarga Murah tapi siap kemana saja
Untuk Brader Retrois semua saya kasih bonus lagu Classic Rock dari kami …ENJOY….
asssoooyy.. I like
Salam retrois…
Sy juga penggemar corolladx…ajib nih mobil,sy punya 2 drmh th 83 dan keduanya dx+…gara2 jatuh cinta dgn mobil ini saya jd punya usaha sampingan jual asesoris spion tanduk…bawa rezeki deh,oh ya saya mau jual mobil yg 1 lg warnnya biru th 83 juga,FS corolla dx th83 + (rare&wanted) pjk pjg,intrior ori,bodymulus,indikator,istmw,gada PR,irit siap pakai pin 296FF5D9 081394378224
masih ada dx biru th 83 ,FS corolla dx th83 + (rare&wanted) mas broo?
http://www.kaskus.co.id/thread/53b8cbdb529a4501048b4595/dijual-toyota-corolla-dx-merah-bagus mampir mampir gan buat yang suka dx..