Bicara Mobil Klasik : Daihatsu Charade 1000 cc th 1980 an

Mobil  jadul ini cukup banyak yg masih aktif di jalanan. saya juga pakai selama 1 th. Daihatsu model Charade 2nd generation (G11)  termasuk dlm klas subcompact / supermini. Kategori B (small cars, city cars). Dibuat 3/5 pintu, hatchback body pada th 1983 – 1987. Perubahan wajah (“face lift”) terjadi pada th 1985. Mobil bermesin 993 cc (60.5 cui) , power 27 – 77 kW (37 – 105 PS, 36 – 103 hp).

Jadi ..namanya city cars…agak repot kalo dibawa ke gunung. Tapi buat manuver…topp ….setir lincah sekali bro. Mobil kota gitu loh…Tapi kalo bawa 2 org trus mau jalan ke ciater masih berani kok…

charade-926r-pedal2themetal-wordpress-com_02.jpg

Spesifikasi  Daihatsu CS adalah sbb :

Powertrain
Engine manufacturer: DAIHATSU
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Cylinders alignment: Line 3
Displacement: 993 cm3 / 60.5 cui
Bore: 76 mm / 2.99 in
Stroke: 73 mm / 2.87 in
Compression ratio: 9.5 : 1
Horsepower net: 38 kW / 52 PS / 51 hp (DIN)
/ 5600
Torque net: 74 Nm / 55 ft-lb
/ 3750
Horsepower gross:
Torque gross:
Redline rpm:
Car power to weight rationet: 53.5 watt/kg / 24.3 watt/lb
Car weight to power rationet: 18.7 kg/kW / 13.7 kg/PS / 30.7 lbs/hp
Fuel capacity: 34 liter / 9 U.S. gal / 7.5 imp. gal
Check:
1984 Daihatsu Charade TS (CS) 4-speed Engine Horsepower/ Torque Curve


Full performance data, accelerations chart, acceleration on gears, speed range on gears, overtaking factors etc. – click the buttons below:

 

Drivetrain
Gearbox:
Transmission type: manual
Number of gears: 4
Gear ratios (overall):
I 3.091 (13.91)
II 1.842 (8.29)
III 1.231 (5.54)
IV 0.865 (3.89)
V ()
VI ()
VII ()
VIII ()
R 3.142
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 48 / 30
II: 81 / 50
III: 121 / 75
IV: 173 / 108
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 7.9 / 4.9
II: 13.3 / 8.3
III: 19.9 / 12.4
IV: 28.3 / 17.6
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 4.5
optional:
Front brakes:
Rear brakes:
Standard tires: 155 SR 13
Weights
Curb weight (without a driver): 710 kg / 1565 lbs
Gross vehicle weight rating GVWR: 1090 kg / 2403 lbs
Payload: 380 kg / 838 lbs

Overall, pendapat saya mobil ini ok banget buat medan yg tidak ekstrem nanjak lah…tapi kalo udah ketemu tanjakan emen plus full penumpang…macet…stop n go….baru di sini ketemu masalah…fyuhhh….saya sudah melewati itu…hmmmm

Kesimpulan :

kalo buat mudik antar propinsi, bawa beban lebih dari 200 kg ,bermacet ria …agak berat deh …mesin cepat panas.

Buat kota-kota, shopping…rekomended lah.

Seperti wajar ,karena memang buat di kota-kota saja….(#city cars)

Solusi jika mau mudik pakai Charade?

  1. perkecil ukuran ban/velg yg kaleng saja..R12 biar beban mesin ringan
  2. kurangi beban penumpang plus barang total maksimal 200 kg
  3. Ganti/modif karbu yg lebih boros bensin (four barrel weber?)
  4. jaga jarak agak jauh dg mobil di depan (20 meter)

So ….apabila ingin pilihan yg lebih utk keluarga …cekidot :

Mobil Keluarga Murah tapi bisa kemana saja

 

4 thoughts on “Bicara Mobil Klasik : Daihatsu Charade 1000 cc th 1980 an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s