Waspada gas beracun di mobil anda.. Brebes Exit Story 2016 Lebaran Days

Baik…pemerintah merasa terpojok dg kasus macet yg mengantarkan belasan nyawa menuju Sang Pencipta… macet 2 hari!

terbayang mobil full dg keluarga…tua…muda…anak kecil…berpanas2 di jalan tol yg di terpa sinar membakar matahari pantura…

Kalau ac mati…mobil berubah jadi oven…kalo ac hidup ..bensin abis…mahal lagi ..ada yg bilang bensin dijual 50 rb seliter

Saya kira…mobil cukup banyak yg tetap dihidupkan…karena alasan kenyamanan dan juga mobil harus bergerak merayap. Dg demikian ribuan mobil yg relatif statis…membuang gas beracun bersama2…terkonsentrasi di tempat macet tersebut…beda dg kondisi lalulintas lancar…gas beracun terbawa angin…

gas beracun yg saya curigai disini adalah gas CO – karbon monoksida.

gas ini terbentuk dari proses pembakaran tidak sempurna dari mesin otomotif maupun juga dari pembakaran apa saja…termasuk rokok…mesin solar…kompor gas…anything burned poko’e!

gas ini menjadi monster pembunuh manakala terkumpul menjadi lebih padat volumenya..

Dont smoke in smoking room like this…it is a smokilling room!

kalo orang merokok di tempat terbuka lebih aman daripada merokok di sebuah kotak yg tertutup tanpa ventilasi…tanpa air blower…terjadi CO buildup

Di tv beberapa bulan lalu disampaikan kasus…sebuah keluarga meninggal semua satu rumah…waktu itu mati listrik pln…jadi kluarga tsb menghidupkan genset didalam rumah utk penerangan dan mungkin ac? Setelah itu mereka tidur dan pagi2 sdh meninggal….jadi saya curigai penyebab sama yaitu CO buildup disebabkan gas buang terkumpul diruangan rumah yg tertutup tanpa pergerakan udara keluar…

belum lagi kasus orang yg meninggal karena tidur di mobil kondisi kaca tertutup rapat… penyebab mirip…enclosed area

Akibat gas ini bisa dirasakan seperti : capek…ngantuk berat…pusing…kalo parah bisa pingsan dan muntah…

kalau anda sebagai rider senior mobil klasik sudah tentu harus menyadari gejala tsb…segera hentikan jet darat anda…dan ambil posisi dekat pohon besar yang rindang…lakukan peregangan otot alias ngolet….tarik nafas dalam2 dari udara luar yg segar…
ajak pula penumpang utk melakukan hal yang sama…jangan2 mereka bukan ngantuk biasa tapi ngantuk keracunan CO…

jadi…

kalo kita menemui kondisi seperti di Brexit macet parah gmn dong?

Rider senior knows…mending ambil posisi di samping jalan…ngadem di bawah pohon perdu sambil ngopi..itu lebih tepat…

loh…tapi kan mobil kudu jalan satu meter tiap jam…?

yo wes didorong wae …ngirit bensin gtu dan ngurangi produksi gas beracun juga…plus olahraga

Oh ya…saya dapet bocoran…utk memonitor kadar gas beracun CO di tempat macet itu…cirinya…klo ada yg mengidap sakit jantung…org tersebut akan merasakan nyeri dada yg blm dirasakan org yg biasa.

dan utk antisipasi…ada bagusnya di tempat macet pihak pemerintah atau LSM memonitor kadar gas beracun ini dg alat CO meter…harganya murah cuma satu jutaan…

untuk negeri tercinta…warisan mbah2 pahlawan negeri Indonesia

Desain Mobil Untuk Indonesia Tropis

Ok bro…

saya disini mau nulis tentang kegalauan saya sbagai rider senior..weww…dan mungkin sedikit kritik kepada negara produsen mobil yang berbaik hati membuatkan mobil untuk negeri kita. Yah semacam curpik curahan pikiran bgitu?

1. Panas di kabin….global warming…ozon rusak?

Kalo kita bilang…bukankah desain mobil yang dibuat sekarang adalah dari Eropa…Amrik…Jepang…

ok…eropa…adalah negara dingin bro…itulah alasannya mereka desain mesin tu didepan hidung kita….gampangnya mereka ingin dengkul mereka tidak kedinginan kalo lagi bersalju….

gini aja deh ….gmn rasanya klo elu2 duduk dalem kulkas selama satu jam tanpa busana…mungkin itu bisa dijadikan gambaran.

jadi dikepala orang bule tuh…desain mobil…harus anget! Ditarohlah mesin depan dengkulnya…konsepnya mirip ama …sitting beside bonfire with loved ones..

lah kita …orang daerah panas…dikasi mobil panas…ya wes banyak yg meninggal tuh klo lagi kondisi ekstrem….remember 15 orang meninggal di macet lebaran th ini di Brexit!

apa yg terjadi…kita tergantung ama ac…rusak deh alam ini banyak2 pake freon!

2. Perkecualian

Saya cukup tertarik dg mobil Jerman macem vw kodok lama…mereka taroh mesin di belakang…this is nice concept.

why? Kalo di belakang…panas mesin bisa lebih mudah kabur tanpa mengganggu suhu di kabin penumpang. Ada juga Italy dengan Fiat 127…mesin belakang…tinggal kasih kaca jendela yg bisa dimiringkan ke dalam…angin sejuk bisa mengalir…pingin anget tutup aja kaca…wes pasti suhu naik dengan adanya co2 yang diproduksi penumpang?

so…kenapa insinyur mobil tu pada males banget bikin desain yang memberikan kenyamanan pada konsumen yang setia di Indonesia?

katanya orang2 negara maju tu pada peduli global warming? Green ecology?

dimanaaaa?

Yang menarik di Stasiun kereta Cipeundeuy Garut

apa yang menarik di stasiun kereta Cipeundeuy?

So…

Kalau anda tinggal di wilayah Garut sekitarnya…lewat stasiun ini anda bisa pergi ke arah barat : Bandung Jakarta atau ke timur : Yogya Kroya Surabaya

Naik kereta tujuan Bandung Yogya Surabaya..maka kita pasti akan berhenti di stasiun kecil di wilayah Garut ini. Kereta biasanya berhenti selama 5 sampai 10 menit. Disitulah ada waktu buat yg suka merokok dan ngopi,setelah lamaaa naik kereta menahan keinginan tsb karena sekarang di atas kereta diberlakukan larangan smoking. Waktu yg sebentar tsb berarti banget buat kamu2 yg smoker.

Di sinilah anda bisa merasakan sedikit sensasi jadi “artis” yg dielu-elukan…ehm…oleh sekitar 10 cewek pedagang kopi dan mi rebus…yang memanggil anda dengan mesra dari jeruji yang memisahkan anda dengan dagangan mereka.  Anda akan disambut dg bahagia oleh “fans” mendadak tsb…utk menghargai kopi dan mi rebus buatan mereka…jadi anda tidak perlu menyampaikan press conference kepada fans anda ini. Tapi jangan iseng ngasi php dengan muncul dihadapan mereka lalu pergi begitu saja tanpa beli dagangan mereka…hehe

Yah…menurutku…begitulah seni berjalan naik kereta…turut bagi rezeki buat penduduk sekitar di daerah Garut yang hawanya sejuk…sambil ditemani secangkir  kopi…sruputtt…

Waktu sudah habis…para penumpang diharap segera naik kereta lagi…demikian seru pengatur perjalanan kereta dari pengeras…

tuttttt…life must go on beibh…