Mobil Keluarga Murah tapi bisa kemana saja?

ayat 15 surat Al-Mulk,” ujar Ustadz Ahmad Sahal Hasan, Lc.Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.”

Mobil Jadul yg handal…apakah itu?

Saya coba utk memaknai kata “mudah bagi kamu” secara bodoh…

Ok…kali ini saya coba propose ide …ttg mobil keluarga apa yg murah tapi bisa kemana-mana. Saya baru saja pergi ke sebuah tempat wisata di Subang Jawa barat. Tepatnya Ciater…utk ke Sari Ater sudah pasti lewat saja,yg lebih asik kemudian menjajal track tanjakan tajam (40 derajat?) di Curug Capolaga yg indah di daerah situ juga . Dg keluarga tentu, lebih dari 4 orang semuanya. Setelah saya sampai di Kawasan kemah Curug Capolaga, saya lihat hampir semua keluarga menggunakan mobil di atas tahun 2010.  Track tsb mampu di lewati dg cukup sukses oleh mobil tua saya ( umur mobil saya 25 tahun). Sebelum saya pasang 4×4 (lebih tepatnya gardan belakang 8:41), terus terang track pegunungan tersebut “hanya impian”. Disana saya bertemu rombongan Kemah Keluarga Indonesia (hub mereka di http://www.kemahkeluarga.org) ,…wow keluarga anda akan menemui kesulitan jika tidak pakai mobil yg fit.

capolaga subang

Teman, suka ga ke tempat yg cakep kek gini ? (#asik dibwh air terjun tuh)

OK, definisi murah di sini adalah harga di bawah 40 juta (# mudahkah?), dengan kondisi siap jalan baik mesin, kaki-kaki , secara umum masih baik, servis mudah pula, sparepart gampang. Dan mobil diasumsi bawa total 4 org dewasa plus supir dg berat total 300 kg plus bawaan.

Pertama saya sampaikan bahwa tidak semua mobil itu di desain sama. Ada yg peruntukannya di kota saja (city car), show car,  ada yg off road, mobil niaga (small truck)…dll. Konsep saya adalah ,… mobil yg kuat kemana-mana..dalam kondisi apa saja… di toll…banjir..naik gunung… dipasir pantai…di lumpur pun! … secara simple disimpulkan adalah : mobil semi/offroad (SUV) dan mobil niaga (MPV).

Adalah keseharian kita utk melewati jalan yg mendadak jadi sungai 50 cm di negeri kita , nah Kelebihan SUV adalah bisa menerjang track banjir sedengkul dg tenang, cuma ada kelemahan  di suspensi lebih keras, but it’s workable. Sedang MPV lebih enak suspensi, tapi terbatas buat bebanjiran. Semua itu pilihan bro….Khusus utk Sedan…jelas ga mampu lewat track banjir  ya.

jimny lewat banjir

Familier dg jalan begini bro? buat Jimmers…sedengkul pun tak ambil pusing..cwiw

Yah kalo situ mau susah-susah kredit pajero sport kalo ngga bisa masuk banjir, percuma  bro? That’s what SUVs are for..

pajero banjir_jakarta_9181

Yg gini mah pake kotrik juga lulus bro….

Yg mau tahu basic memakai mobil 4×4 offroad  secara aman baca disini yak…

basic memakai mobil 4×4

Secara ranking pilihan adalah:

  1. SUV ..dapatkan yg 4WD (Dobel Handel) ..kalo ada
  2. MPV
  3. Sedan tertentu

OK , begini pendapat saya setelah melalui pergumulan pemikiran yg melelahkan ttg mobil murah yg siap kemana wae..ehm  :

1. Suzuki Jimny SJ 410 2WD 4×2(Engkel) atau 4WD 4×4 (Dobel handel) dan Suzuki Jangkrik/Kotrik/ LJ80

Mobil ini sudah saya ujicoba sendiri utk yg 4×4 dg ukuran roda besar (7.00 in Extra grip). Sebetulnya ban uk segini bukan standar Jimny. Jika ingin lebih murah tanpa modifikasi, sebaiknya gunakan ban/velg standar saja. Dg gear ratio standar 9/37, mobil ini sudah bisa jalan2 ke gunung. Jika power dirasa masih kurang, boleh gear ratio gardan belakang di ganti yg ratio 8/41 (modal sekitar 4 juta rupiah), plus kalau punya uang bisa ganti ban yg lebih besar. Modal utk 4×4 mobil plus modif gardan minus ban sekitar 45 juta. Utk 4×2 bisa sekitar 35 juta. Adakah yg lebih murah? mungkin Jimny Jangkrik LJ 80 bisa di bawah 30 juta.

Baca dong pengalaman saya dg mobil ini yak :

Perjalanan ke Sawarna Dengan Jimny Tua…ahoooyyyy

Untuk yg mau suspensi enak pakai yg versi LWB (Long Wheel Base).

jimny long wheel base

Yang udah cakeb mulyus kek gini harganya bisa diatas 50 brow…

Spesifikasi Jimny SJ410 1000cc 4 Cyl…

jim sj410 spec1.jpg

Spesifikasi Jimny Jangkrik LJ80..800cc 4 Cyl…

jim lj80 spec2.jpg

jim lj80 1.jpg

 

 Lebih jauh tentang Jimny?? …baca :

Bicara Mobil Klasik : 4×4 Jimny SJ 410 serta Cara Offroad yg baik

Mulai tertarik offroad basics? baca dulu ini…

2. Mitsubishi Colt T120 SS Wagon/ mini bus

Mobil ini basic adalah mobil niaga, sudah famous dari dulu sebagai mobil  angkutan di gunung! mobil inilah yg berlari kencang di tanjakan 40 derajat menyalip mobil saya. Hehe…btw saya memang sdg liat pemandangan jadi pakai gigi Low 4L. Pernah liat penampakan domba gunung tua ini..saya masih liat mobil ini jadi andalan petani di gunung. liat bro…

colt t tua

colt t

Angkot gunung in action!!!

Yup… mobil ini kuat sekali…bahkan ada klub yg melestarikanya, utk yg versi tahun 90an model begini…Colt 120 SS 1500cc….th 90 an..

Saking kuatnya …mobil ini diplesetkan…Mustibisha! hahaa..

mustibisha.jpg

colt 120 90

Pertahankan kondisi standar ya bro!! Harga mobil th 90an sekitar  20- 30 jutaan.

Spek standar Mitsubishi 120 ss…

mitsu SPESIFIKASI T120 SS_2.jpg

3. Daihatsu Taft GT 4×2

Ini mobil SUV juga …harganya lebih mahal di banding yg sdh saya sebut…40 juta ke atas. Tapi memang tampilan keren, dan body lebih besar.

taft gt

dibawah adalah spesifikasi utk Taft Kebo F10 (1000 cc) lawas….yg ini spesifikasi bengis …FG 7,281….mobil hutan… spek gigi satu bengis (sampe 26!!! jimny aja cuma 12 loh…kalo pake gear Low baru kena tuh ratio diatas 20..)….tapi menemukan yg bagus sudah jarang dan mahal pula.

Engine manufacturer: DAIHATSU
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Valves timing:
Additional features: Aisan 2-barrel
Emission control:
Emission standard:
Cylinders alignment: Line 4
Displacement: 958 cm3 / 58.7 cui
Bore: 68 mm / 2.68 in
Stroke: 66 mm / 2.6 in
Compression ratio: 9 : 1
Horsepower net:
Torque net:
Horsepower gross: 44 kW / 60 PS / 59 hp (SAE)
/ 5800
Torque gross: 78.5 Nm / 58 ft-lb
/ 4000
Redline rpm:
Car power to weight ratio net: 40 watt/kg / 18 watt/lb (estimated by a-c)
Car weight to power ratio net: 24.9 kg/kW / 18.3 kg/PS / 40.9 lbs/hp (estimated by a-c)
Fuel capacity: 32 liter / 8.5 U.S. gal / 7 imp. gal
Drivetrain
Gearbox:
Transmission type: manual
Number of gears: 4
Gear ratios (overall):
I 3.707 (26.99)
II 2.167 (15.78)
III 1.413 (10.29)
IV 1 (7.28)
V ()
VI ()
VII ()
VIII ()
R 4.093
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 29 / 18
II: 50 / 31
III: 77 / 48
IV: 109 / 68
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 4.7 / 2.9
II: 8.1 / 5
III: 12.5 / 7.8
IV: 17.6 / 10.9
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 7.281
optional:
(5.571 x 1.307)
Front brakes: drum
Rear brakes: drum
Standard tires: 6.00 – 16

taft f10.jpg

4. Mitsubishi L300 Bus 1980 an

Di luar negeri mobil ini bernama : Delica, versi 4×4 offroad!! tenaga topp banget..mobil ini ikut di rally Paris Dakar Bro…kebayang performanya…

Mobil ini harga 30 jutaan. Spek std yg diesel sbg berikut…

Mitsubishi diesel L300 SPEK.jpg

 

yg versi petrol (bensin) spesifikasi L300 sbb:

Tipe L300
Mesin 4G33 Saturn SOHC 1400cc,
4G32 Saturn SOHC 1600cc,
4D55 Astron SOHC 2300cc,
4D56 Astron SOHC 2500cc,
Bore X Stroke 74,5mm X 86mm (4G33 1400cc),
76,9mm X 90mm (4G32 1600cc),
91,1mm X 90mm (4D55 2300cc),
91,1mm X 95mm (4D56 2500cc)
Sistem Bahan Bakar Karburator (mesin bensin), Injeksi Indirect Injection (mesin diesel)
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.200 mm
Panjang 4.315 mm
Lebar 1.880 mm
Tinggi 1.970 mm

5. Suzuki Carry Real Van 1.5 l (1500 cc)

Siapa tidak tahu Suzuki Carry…tapi yg 1500 cc ya bro…lihat spesifikasi…

6.suzuki spesifikasi-carry-real-van.jpg

6. Toyota Corolla KE20 dan Corolla DX 1300 cc

Yup….seperti agak maksain utk dibawa kemana-mana…tapi lumayan kok kalo dilihat spesifikasinya cukup mampu melahap trek 40 derajat…dg teknik yg baik tentu…pastikan mobil dlm keadaan baik ya…

toyota ke 20 specs

Corolla DX…..

On the ke70s, the final drive gear ratio is 4.300 (Rollaclub.com)

KE55 w/ 5 spd, KE70 (Corolla DX)

  • 1st 3.789
  • 2nd 2.220
  • 3rd 1.435
  • 4th 1.000
  • 5th 0.865
  • Rev 4.316

corolla dx.jpg

7.  Toyota Kijang …Doyok….Kapsul…whatever

Mobil ini basic MPV…gak heran kalo aman kemana saja…lihat spesifikasi gardan finalnya…

toyota kijang Final Gear-01

Lihat yg  Doyok …Final Gear 5,2….itu topp buat nanjak bro…hampir sama dg FG 8:41 Jimy Katana Modif offroad!

toyota doyok.jpg

 

8. Mitsubishi Lancer SL

OK….mobil ini  banyak fans…tapi jujur..hitungan saya..utk track gunung agak berat bawa keluarga…terutama tanjakan 40 derajat yg panjang….sperti ke Ciater misal….harus tunggu track kosong di depan…hehe

Powertrain
Engine manufacturer: Mitsubishi Orion-series 4G12
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Valves timing:
Additional features: 2-barrel
SOHC
Emission control:
Emission standard:
Cylinders alignment: Line 4
Displacement: 1411 cm3 / 85.9 cui
Bore: 74 mm / 2.91 in
Stroke: 82 mm / 3.23 in
Compression ratio: 9 : 1
Horsepower net:
Torque net:
Horsepower gross: 59 kW / 80 PS / 79 hp (JIS)
/ 5500
Torque gross: 119 Nm / 88 ft-lb
/ 3500
Redline rpm:
Car power to weight ratio net: 59 watt/kg / 27 watt/lb (estimated by a-c)
Car weight to power ratio net: 17 kg/kW / 12.6 kg/PS / 28.1 lbs/hp (estimated by a-c)
Fuel capacity: 50 liter / 13.2 U.S. gal / 11 imp. gal
Drivetrain
Gearbox: Mitsubishi KM119
Transmission type: manual
Number of gears: 5
Gear ratios (overall):
I 3.444 (14.54)
II 2 (8.44)
III 1.316 (5.56)
IV 1 (4.22)
V 0.853 (3.6)
VI ()
VII ()
VIII ()
R 3.667
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 45 / 28
II: 78 / 48
III: 119 / 74
IV: 157 / 98
V: 184 / 114
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 7.6 / 4.7
II: 13 / 8.1
III: 19.8 / 12.3
IV: 26.1 / 16.2
V: 30.6 / 19
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 4.222
optional:
Front brakes: disc
Rear brakes: drum
Standard tires: 155 SR 13

Solusi utk SL biar kuat tanjakan? perkecil ukuran ban…sedikit bantu deh..

9. Ford Laser 1300 cc 1980 an

Mobil ini juga bisa jadi pilihan bro…secara speseifikasi kemampuan mirip lah dg Mitsubishi SL 1400 cc…harga murah pula… 15 jt an dapet!!!

ford laser

Look at specs …

Powertrain
Engine manufacturer: Mazda E3 series
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Valves timing:
Additional features: 1-barrel
SOHC
Emission control:
Emission standard:
Cylinders alignment: Line 4
Displacement: 1296 cm3 / 79 cui
Bore: 77 mm / 3.03 in
Stroke: 69.6 mm / 2.74 in
Compression ratio: 9.2 : 1
Horsepower net: 49 kW / 67 PS / 66 hp (DIN)
/ 5750
Torque net: 94 Nm / 69 ft-lb
/ 3500
Horsepower gross:
Torque gross:
Redline rpm:
Car power to weight rationet: 55.1 watt/kg / 25 watt/lb
Car weight to power rationet: 18.2 kg/kW / 13.3 kg/PS / 29.7 lbs/hp
Fuel capacity: 45 liter / 11.9 U.S. gal / 9.9 imp. gal
Check:
1985 Ford Laser L 1.3 Engine Horsepower/ Torque Curve


Full performance data, accelerations chart, acceleration on gears, speed range on gears, overtaking factors etc. – click the buttons below:

 

Drivetrain
Gearbox:
Transmission type: manual
Number of gears: 4
Gear ratios (overall):
I 3.416 (14.02)
II 1.947 (7.99)
III 1.29 (5.3)
IV 0.918 (3.77)
V ()
VI ()
VII ()
VIII ()
R 3.214
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 49 / 30
II: 85 / 53
III: 129 / 80
IV: 181 / 112
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 7.8 / 4.8
II: 13.6 / 8.5
III: 20.6 / 12.8
IV: 28.9 / 18
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 4.105
optional:
Front brakes:
Rear brakes:
Standard tires: 165/75 SR 13

So….Mengapa mobil Charade tidak ada di daftar ? cekidot :

Bicara Mobil Klasik : Daihatsu Charade 1000 cc th 1980 an

another ideas?….pls share yours…

 

 

 

 

 

5 thoughts on “Mobil Keluarga Murah tapi bisa kemana saja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s