Motor Klasik Indonesia Honda Win 100 : penerus Honda S90 Jadul. A gonna be Legend on the road.

Bermesin datar single 100 cc. Dikenal sebagai motor dual sport. Gunung bisa aspal okay. Pengalaman riding motor ini very reliabel. Dan top speed mampu di atas 100 kpj tapi kepentok karbu yang sudah habis ditarik full. Sepertinya harus modif karbu yang buat ngejar top speed. Apa ya? Aku belum ketemu. Dan juga posisi riding tegak kurang pas untuk main top speed. Aku cukup yakin Honda Win ini mampu sampai 125 kpj. Testimony pengguna untuk motor karuhun ini :

Ajix fearless say:

Gaweanku dolanan solder jeeee..gak bgitu paham soal mesin, cuma kagum ma durabilitas+performa honda win di bbrapa lokasi dulu (terutama perbukitan/pegunungan), waktu masih keliling antar pulau, garap jaringan telk*m.

Sangar tenan, trabas alas anti rewel. Lahir antara 1985 sampai 2005 an..20 tahun diproduksi adalah waktu yang lama untuk daur hidup sebuah desain motor.  Motor ini super irit bro…satu liter bisa 50 km loh karburator gitu…jangan dibandingin dengan injeksi komputer. Diisi 50 rebu pertalit seminggu tuh baru habis.Pengalaman pake motor ini yahh sangat reliabel. Puas gitu…untung yang di Indonesia ini adalah produk ori Jepang dan Indonesia…bukan yg chines copy gitu…katanya ngedrop banget performanya (yg di vietnam bilang ngono). 

Yang di atas ini shock depan pake punya Suzuki TS125. Ready trail!

Percayalah padaku…pake mesin datar itu bukan monopoly motor perempuan…nih kalo mau tau mbahnya Honda win…sepertinya bisa kita lihat di Italia bro… Namanya mbah motor Motoguzzi Falcone 500 cc Ohv…keren dan machos ya bro…beliau terlahir pasca perang dunia 2  1950…semoga tidak ada lagi perang besar di dunia ini ya brader

Disebut motor Falcon itu menggambarkan jiwa burung elang besar…dengan posisi seperti sedang terbang…sebagai raja di angkasa….

seperti Honda Win 100 cc kita ini kawan….

kita adalah burung elang kecil yang terbang kesana kemari …

mencari sepiring nasi…

plus lauk rendang sapi…

untuk anak istri…

Honda Win itu…body enteng…untuk rider 75 kg ke bawah masih enak lah. Aku 70 kg bro…motor ini terkesan kecil kunaiki. Tapi enak buat dikendalikan.
Untuk main power aku biasa pake gir belakang 41 standar nya…buat ke gunung segitu okay. Kalo buat top speed luar kota pakenya gir grand mata 36. Top speed 100 kpj mudah dicapai gitu.

Pengalaman untuk gir depan pake yang ori ya…karena kalo yg mutunya rendah gampang slek tuh.
Mungkin seri honda seperti ini sudah dikubur….karena sekarang untuk sport kecil sudah beralih ke Honda Sonic…mungkin.

Mau turing jarak jauh dengan Win?

Jangan takut bro…motor ini kuat dan handal untuk jarak jauh…contohnya bro Sovan Drajat [fb] dari kota apel yang menempuh perjalanan Malang ~ Danau Toba pp sejauh 6000km selama 63 hari. Terus apa yang perlu disiapkeun? Menurut pengalaman bpk Sovan : Kita sudah jelajahi Flores. Pakai motor standart aja. Tapi kelistrikan mesti diganti 12 volt…pake kelistrikan motor bebek. Dan ada power charger. Bisa ngecharge gadget kan, itu penting.Tenda dan headlamp.

Kelemahan Honda Win

1.Yang utama adalah elektrik nya sistem 6 volt. Untuk cari kelengkapan elektrikal 6 v sangat sulit. Misal accu atau lampu. Untuk mengatasi spul 6v pengapian bisa kita ganti pake punya astrea star atau prima yang mana sudah mulai langka pula. Atau ya tentu kita gulung ulang saja.

2. Karbu bawaan mentok ke frame. Jadi kalo mau di ganti karbu tipe lain agak ribet. Sperti harus ganti manifold yang belok ke kiri atau kanan. 

Modifikasi karbu ?

saya dapat info dari bro Iswan Kikzuk di google+ : (Taan Drag Racing) honda win 100cc menjadi 150-200cc (korek harian) stage 1

1. Karburator berperan penting dalam komponen mesin, seperti yang telah saya pakai yaitu karburetor rx king merek Rthc dan gunakan pilot dan main jet yang racing. karena karbu merupakan suatu alat yang menyediakan campuran udara dan bensin untuk mendapatkan suatu campuran yang pas yang siap untuk dibakar di dapur pacu. Perbandingan ini pun sangat berarti, karena dapat menentukan tingkat keborosan bensin. Pengaruh yang diberikan dengan penggantian spuyer ini motor akan power full, baik akselerasi maupun top speed..pada bagian ini, ada beberapa pilihan untuk honda win.. pilihan tergantung spek apa yang di pasangkan pada honda win tungggangan kita.. rekomendasi buat korek harian adalah karbu HSX 125 atau coba pakai karbu kotak,(kharisma,GL100,GL max) paling rekomndasi adalah kharisma. selain irit juga enak ( enak kalu di makan) wkwwk tinggal pasang di manipol win. karbu sejenis GL 100 dkk sulit dalam menyeting setelan angin. karena ada di bawah.. sehingga obeng tidak cukup untuk muter dari bawah.. tinggal pasang juga bisa lebih baiknya lubang manipol menyesuaikan lubang karbu GL 100, karena venturinya lebih besar daripada lubang manipol. hal ini menyebabkan kurang maksimalnya pasokan bahan bakar ke ruang bakar karena bertabrakan dengan manipol yang lubangnya lebih sempit.. selain itu juga bisa menggunakan karbu rx 100 tarikan bawahnya lumayan galak, gigit2 dikit.. tinggal pasang aja. 

Specifications Win 100

Curb weight 100 kg
Overall length x width x height 1,910 x 700 x 1,065 mm
Wheel base 1,235 mm
Seat height 760 mm
Min-ground clearance 130 mm
Fuel tank capacity 8.0l
Chassis Tubes
Front Tires 2.75 – 18 – 42P
Rear Tires 3.00 – 17 – 44P
Front Brake Drum
Rear Brake Drum
Clutch Manual, Wet Type, & Double Clutch
Battery 12V – 4Ah
Spark Plug NGK C7HSA
Ignition CDI-DC, Battery
Cam Chain Silent chain
Fuel Consuming 51.4 km/liter speed 50 km/hour (standard gasoline)
Engine oil capacity 1.0 litre when dismantling machine; 0.7 litre when changing lubricant
Front suspension Spring, Hydraulic Shock Absorber
Rear suspension Modified Wave RSX Spring, Hydraulic Shock Absorber
Engine type 4-Stroke, OHC, Air Cooled
Displacement 100 cm3
Bore stroke 50 x 49.5 mm
Compression ratio 9.0 : 1
Max. output / rpm 10.8 hp / 8,000 rpm
Gear box 1-N-2-3-4, 4 Speed
Starting system Kick starter

Setting Honda win mu biar ngacir ?…simple:

Bandingkan yuk dengan Honda S90 ..

Dijual di Nkri tahun 1964 sampai 1969. Diteruskan Honda S90Z sampai tahun 1976 an. 

Yang S90 ini powernya 8 Hp bro….honda win 10Hp…top speed honda win bisa 110 plus loh….mantabbb.

Engine and transmission

Engine type: 1 cylinders, 4-stroke, Single
Displacement: 89 cc (5.44 cubic inches)
Bore × stroke: 50 mm × 45.6 mm (oversquare – shortstroke)
Cooling system: Air cooled
Power: 8.02 HP (5.9 kW) @ 9500 rpm (cranksh)
Torque: 6.37 Nm (0.65 kg-m) @ 8000 rpm(cranksh)
Throttle: Cable operated
Valves
Valve train: SOHC, non-variable
Fuel and ignition
Sparks per cylinder: 1
Fuel supply system: Carburetor
Compression: 8.2:1
Engine mounting: Transverse
Lubrication system: Wet sump
Gear box: Manual 4-speed
Clutch: Wet, multiple discs, cable operated
Final drive: Chain
Starter: Kick-starter
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s