Wisata Motor Trail, why not? Ulin Bareng Trail dan Yamaha NMax ke Palintang Bandung

Hal yang menarik bagi saya dari hobby ngejalur motor trail adalah :

  1. Olahraga
  2. Team building
  3. Tambah Persaudaraan
  4. Killing egoism
  5. Belajar mesin
  6. Berpikir Positif /problem solving
  7. Berpikir tentang resiko / be careful
  8. Bersyukur Mencintai alam
  9. Menumbuhkan rasa cinta negeri
  10. Tidak mudah menyerah
  11. Berani karena benar (opo iki?)
  1. Olahraga

Olahraga, olahraga apanya? naik motor kok olahraga. Ya ini wajar ditanyakan. Karena dulu saya juga berpikir demikian. But, setelah saya alami sendiri, well..banyak sisi olahraga dari hobby ini. karena ketika kita berada di jalur yang berlumpur, basah begitu. Tanah menjadi licin di ban motor anda. anda akan segera menggunakan kaki dan tangan anda untuk membantu motor bergerak. Apalagi jika anda masuk ke lumpur yang sedalam dengkul dewasa. anda harus mengangkat motor seberat 100kg!

hulk-papua_20170221_162646

Kebayang badan anda akan bekerja mulai dari tangan menarik , kaki memijak, boyok / cangkeng menahan…hampir semua otot anda berupaya dengan kerasnya…sampai sampai mulut anda pun manyun saking beratnya dan mungkin belum pernah sebelumnya menarik beban hidup seberat itu?…kalo anda suka angkat berat, dijamin levelnya sama bro beratnya. Well, di gunung, mendorong motor bukan hal yang tabu, memang traksi di jalan lumpur gak ada apa apanya, so…gak ada salahnya motor yang sudah berjasa membawa anda setinggi dan sejauh mata memandang itu anda kasih sedikit kebaikan dengan mendorongnya dengan penuh kemesraan…(halah opo iki)

2. Team Building, Persaudaraan, Killing Egoisme

Kill your egoisme..

Berpikir bahwa hobby ngetrail itu bisa jadi mempengaruhi kehidupan orang lain. Misal…jalan setapak yang dibuat warga pegunungan menjadi rusak oleh ganasnya putaran roda tahu kita….so…respect the villagers! Berikan timbal balik positip untuk mereka…walaupun hanya dengan doa dan keramahtamahan… Apalagi jika anda dari dinas perawatan jalan …mungkin anda bisa sedikit baik hati membawa backhoe dan stoomwalls untuk memperbaiki jalan warga…hehe

Yap…saya katakan naik motor ke gunung sebaiknya jangan sendirian. Kurang pembelajaran. Dengan naik gunung naik motor trael jadul bersama teman seperjuangan…paling tidak beban hidup anda yang sudah berat itu akan segera dipikul bersama teman teman anda yang malang tersebut….(walahhh). Haha….gak gitu lah ya…gini…dengan bersama teman maka ketika jalur tidak memungkinkan dilewati , maka ada teman yang membantu anda, dan anda membantu dia dengan motornya melewati jalur tersebut. Saya pikir minimal 3 oranglah kalo mau adventure ke gunung naik motor mah.

Egoisme  dan kesombongan (loh kan aku pake trael KTM ..so bisa terbang nih motor) akan terkikis sekitar minimal 10 persen lah…karena paling tidak anda akan terpaksa minta bantuan kepada teman-teman yang baik tersebut. Karena kalo anda tidak punya jiwa persaudaraan dan egois , dengan senang hati anda akan ditinggal sendirian supaya anda bisa menangisi hidup yang penuh luka dan derita cinta di gelapnya hutan yang sepi dan banyak bagongnya.

What about tim building? dengan teman-teman tersebut anda akan belajar banyak tentang tim building. Adapun tim building itu dimulai dari keinginan mencapai tujuan bersama , yaitu makan bersama di puncak gunung Palintang yang indah. Pertama, karena anda sendiri tidak bawa makanan, jadi bisa sedikit berharap ditawarin makan sama teman anda yang punya persiapan sedikit lebih baik pada pagi harinya… (omaygod!!Hahhhh)…dan tentunya anda perlu bekerja sama supaya bisa sampai tujuan secara bersama-sama …utuh…pula. Jangan terlalu egois …misalnya teman anda yang kebetulan punya uang lebih minggu kemaren berhasil merebut pujaan hati anda…kemudian anda persiapkan jebakan agar beliau tersesat di hutan selamanya…(gak baik to yooo)

6. Belajar Permesinan

Ngetrail adalah sebuah event kekerasan terhadap motor, dan anda harus membayar sepadan untuk itu….bisa jadi motor yang anda sayangi itu tewas, karena perihnya penyiksaan yang menyerang jantung pistonnya.

Tentunya anda tidak bisa belajar mekanisme cara kerja mesin juki disini, yang saya maksud adalah… kondisi di gunung itu memaksa anda untuk belajar lebih dalam tentang motor anda. Adakala komponen elektrikal seperti koil, CDI , kiprok, terendam air dan mendadak mesin mbrebet mbrebet ra karuan, atau karburator keblebek air. Tiba tiba teman anda memberikan tips and trik untuk mengobati motor anda

…oh ini anunya kena itu jadi begini..begituuu….kata teman anda tersebut.

Yap…akuilah kecerdasan teman anda tersebut karena beliau lebih sering naik turun gunung sebelumnya karena beliau juga anggota klub trael ternama.

Well apa yang saya sampaikan ini..basic sekali teman2…. sungguh sangat tersiksa jika motor tiba2 ngadat dan anda semakin terlihat sperti orang idiot gak tahu apa yang terjadi dengan menderitanya kehidupan anda yang begitu kompleks dan menyayat hati.

so…belajarlah mesin ….dengan pengalaman akan lebih menggigit…karena kalo motor tidak bisa jalan…resikonya anda harus bermalam bersama kuda besi anda di malam yang dingin yang untungnya sedikit mendapat kehangatan menggoda oleh knalpot.

7. Berpikir positif

Teman…ketika berada di atas gunung,..usahakan pikiran kita selalu dalam kondisi positif…misalnya…

kita akan baik-baik saja, 

teman-teman akan bersikap baik dengan kita karena kita dengan tulus ikhlas membantu kawan kita , 

perjalanan ini akan menjadi perjalanan terindah seumur hidup…wouuww

Bagaimana jika kita berfikir negative…contohnya… 

wah aku gak bakalan bisa melewati lumpur yang begitu dalam dan mencekam ini….haaaa…panikkk

jangan-jangan ada bagong di depan kita…hiiii

pocong….

hantuuu….

oh my god!!!!

saya pikir anda akan segera masuk rumah sakit jiwa sebelum saatnya… clear yaa

8. Berfikir Resiko

Teman temanku yang baik……berfikir itu tidak cuma berfikir yang baik-baik, yang lancar lancar saja…tetapiii

jika kita ingin perjalanan kita lancar…kita juga perlu berpfikir hal-hal apa saja yang mungkin membuat kita tidak sampai tujuan dengan selamat dan menggembirakan.

Ini yang harus dipersiapkan untuk hal-hal yang beresiko merusak trip anda..

a. Perlu loh bawa bedok, golok , atau pisau semacamnya…kenapa? sangat mungkin kita perlu memotong ranting-ranting pohon, daun-daunan, untuk menambal jalan yang terlalu dalam dilewati ban motor kita. golok bisa juga untuk membuat jalur di Tanah.

b. Kemudian resiko anda kelaparan diatas gunung, karena tidak ada warung lagi bro kalo sudah di puncak, dan biasanya kendala dalam perjalanan ada di atas sana….so dari sini kita siapin nasi satu bakul kita masukan ke tas adventure kita..clear

c. Mungkin kaki anda yg seksi bisa kena nyoss knalpot! Ini solusinya

d. Bisa jadi teman anda akan berat ketika menarik tril anda…pasang dong lift strap yang keren ini ..

9. Menumbuhkan Kecintaan pada alam Nusantara
Menghirup segarnya udara pegunungan…

dikelilingi pohon pinus dan aneka pepohonan yang aku tak tahu namanya….

tetes embun menyelinap jatuh di kulit tanganku…

kemudian menjadi uap karena panas tubuhku yang lelah ngadodorong motor…kurebahkan punggungku di atas layu daun-daunan….nikmatnya melebihi Kasur Guhdo 10 jutaan teman!

.. jam menunjukkan pukul 3 sore …sungguh indah berada diatas gunung, dalam kondisi penuh persaudaraan, makan nasi berlauk kerupuk dan perut lapar karena belum diisi sejak pagi jam 8 tadi…widihhh…tankyu broder!! yu alwaes in mai hart!!

Saat itu yang terpikir adalah kita sama -sama manusia yang lemah dihadapan alam yang perkasa ciptaan sang Maha Kuasa

Begitulah saudaraku…sebuah liputan yang kurang jelas apa maksudnya…tentang perjalanan Ulin Bareng ngetrail ka desa Palintang, kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung..bersama  tim Mata Dewa dan komunitas Yamaha NMAX Bandung yang terjadi pada hari Sabtu akhir bulan April 2017. Event yang  fuulll positip..keep up good play like this bro!!

everibodi hepi

A song for you brader..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s