Modifikasi Alternator mobil untuk motor tua klasik

Problemnya begini…motor anda memerlukan listrik DC untuk supply listrik ke ignition system (platina/cdi)…tapi alternator bawaan koit.

Adalah suatu saat ketika motor tua saya sebuah Suzuki twin 1975  185 cc. Saya dapat dlm keadaan tiada pengisian arus ke aki 12 volt. Yap…motor GT 185 itu cukup bandel mesinya, mesin ga pake valve (reed atau disc), sebuah kostruksi 2 stroke murni , cuma itu sangat sulit mendapat alternator asli (#mahal super). Jadi saya berpikir bgaimana cara mdpt sparepart yg  mudah ditemui (#murah). Jawaban baru saya dapat sekarang, 15 tahun sejak kepusingan saya tsb melanda. Dari sebuah blog di Amerika, seorang bengkel yamaha 650 klasik. Dia buat 650  nya dg konsep klasik 1950 an ala BSA. Mari kita liat bersama…

Kita liat di bagian tengah yamaha 650 cukup ruang utk memasukkan alternator mobil. Dan dipercantik dg tutup mesin (cowl) model BSA tua  utk belt memutar alternator tsb. Bagaimana aplikasi di negeri kita? Lets see…

bsa alternator mobil

Alternator digantung di frame depan, diikat dg besi plat. Tidak terlalu rusak penampilan ya bro..hehe. Sperti kalo mau GT 185 saya pake model begini, pastilah motor itu masih lestari…hiksss…bye darly…

suzuki gt185 mesin

 

 

Tinggalkan Balasan

