Classic Motor : Modifikasi membuat Motor Honda CB/Tiger V Twin Cylinders 400cc

cb v twin psycho2

Kumpulan tulisan (repost)…untuk mengurangi dahaga keingintahuan tentang karya anak bangsa, Motor V Twin  Buatan dalam negeri…

Ok…jujur ini akibat pingin punya HD…gak kebeli..beginilah…

Disini saya lihat ada sekitar lebih dari 2 builder  twin…Pak Yusuf Adib di Purwokerto ,sudah punya galeri sendiri, Psycho Engine…hmmm Go internasional pula dan Mas Dwi di Tembalang Semarang.., sementara yang di Tangerang..spesialis Merubah dua Silinder segaris (Twin In line misal, Grand Twin , Bebek Twin) oleh bro Fauzy dari Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga No. 16, RT 004/01, Cipondoh, Tangerang. (motorplus-online.com) 

Pertama dibuat V twin CB ini  sekitar 2011 an…oleh Pak Yusuf ..setelah itu mulai bermunculan yg lain.

Beberapa hal yang menjadi keingintahuan saya adalah, bagaimana proses membuatnya, range harga berapa untuk modifikasi V twin ini, Bagaimana ketangguhannya dipakai harian…

Saya simpulkan :

  1. Untuk range harga V twin CB sekitar 20 Jutaan biaya modifnya saja..utk yg segaris twin lebih murah.
  2. Untuk harian saya belum melihat , tapi untuk produk yang Pak Yusuf kelihatan sudah sampai kemana-mana
  3. Untuk proses membuat bisa di telusuri di kumpulan tulisan ini..tujuannya supaya paling tidak kita mengenal seperti apa produk modif yang dibuat anak bangsa ini.
Big question….

Motor v twin cukup menarik hati para bikers …tapi bagaimana kekuatan mesin “homemade” ini?

Saya berpendapat utk menghilangkan keraguan tersebut perlu diadakan “Endurance Race” yaitu balap dg ketentuan lama sekitar 6 jam, 12 jam,  atau 24 jam…itulah yg telah dilakukan fabrikan Jepang di tahun 60-an, dg hasil Suzuki mjd juara race tsb….jadi memang harus berani spt kaum Yakuza tsb..dan salut sama kaum Yakuza..mereka sengaja menghancurkan basis motor Eropa di negaranya.  Motor digeber diatas 100 km per jam selama waktu 6 jam sudah cukup mjd bukti kekuatan…betulkan? kalau berani diadu dg motor fabrikan..yupp sekedar usul semoga bisa lebih menggairahkan dunia builder motor. Ayo dunk anak muda RI , jangan berhenti kreatif dg membuat v twin, tapi buat v twin yg setangguh harley… Indonesia gtu lo

race endurace

Atau, kita tunggu kebaikan hati pengguna v twin share pengalamannya, maybe it’s you?? who knows….

All That reposts…..

GILAMOTOR.com – Dari bengkel kecil ini pernah terlahir sebuah karya fenomenal. Bengkel berlebel Semangat Putra Motor [SPM] yang di gawangi oleh Ucup ini, hasil karyanya pernah meyabet juara The best Free For All dalam ajang Kustomfest di Jogjakarta taun 2013 lalu.

Ucup panggilan akrab M Yusuf Adip Mustofa, kini sering banget membuat motor dengan banyak silinder. Yang membawanya meraih gelar The Best Free For All di Kustomfest 2013 adalah bikin mesin Honda GL 100 jadi tiga silinder. [Baca juga : Yusuf Adip Mustofa, Bikin Mesin 3 Silinder Sampai Ubah Vespa 2 Tak Jadi 4 Tak]

Pria lulusan STM ini juga pernah membuat motor Vespa 2 tak menjadi 4 tak. Ucup banyak berexperimen di bidang mesin dan semua ilmunya didapat otodidak alias belajar sendiri dan banyak membaca buku-buku saja.

Bengkel yang letak nya di pinggiran kota Purwokerto ini menerima modif berbagai jenis mesin motor. Yang mau dibikin 2 silinder atau 3 silinder juga bisa. Mau mesin segaris atau V-Twin juga bisa. Sekarang doi lagi menggarap modif beraya flat tracker V engine.

cb v twin psycho1

Urusan harga, Ucup mematok harga mulai Rp 16 – 18,5 juta untuk mengubah mesih standar satu silinder jadi 2 silinder. Kalau untuk diubah menjadi V engine tambah 3 juta rupiah aja bro.

Sekarang pria asli Blitar ini sedang membuat proyek untuk bertarung di ajang kontes modifikasi motor di Jogja, Kustomfest 2014. Doi sedang menggarap dengan lima silinder yang disebutnya sebagai mesin Radial.

Kaya apa jadi nya? Nggak usah dipikirin bro, kita liat aja hasil akhirnya nanti.

Buat elo yang penasaran dan pengen motor tunggan lo dibikin multi silinder, langsung aja samperin Semangat Putra Motor di jalan Sultan Agung Rt 03/10 Karang Klesem, Purwokerto Selatan, Jawa Tengah. Telp : 0857 4706 4611.

“Sebenarnya Honda CB dengan dua silinder atau dua piston ini adalah hasil kelanjutan riset saya dari vespa 2 tak terus jadi 4 tak, kemudian menjadi dua silinder” ujar mas yusuf yang sedang asik-asiknya memamerkan motor CB dua silinder di acara Carnaval Classic Honda 2011 yang diadakan TMII Jakarta 15-16 Oktober 2011.

Silinder head yang dipakai adalah milik Honda Tiger lengkap dengan head bloknya pula, sehingga dengan kata lain CB 100 ini naik pangkat menjadi 400 cc, tapi mesin yang diubah tidak sepenuhnya diubah menjadi kompresi yang sangat besar, bahkan ujar mas yusuf “kompresi sengaja diturunkan dengan cara menenggelamkan kedua cylinder hingga 3mm, sehingga motor tidak sulit untuk dikick starter kemudian dengan begitu kompresi yang rendah aman-aman saja menggunakan premium bahkan lebih irit, bahkan Purwokerto – Jakarta hanya menghabiskan sekitar Rp. 85.000,- premium”.

Sebenarnya untuk spesifikasi tergantung keinginan si empunya motor apabila ingin memodifikasi motor CB anda menjadi  dua silinder. Lalu bagaimana dengan harganya ? biayanya sekitar 15 – 20 jutaan tergantung spek jadi sebenarnya tidak terlalu mahal dibandingkan anda harus mencari motor besar Honda semacam Honda CB 200 yang belum tentu anda mendapatkan dengan mudah dan ditebus dengan harga murah pula.

Ditanya mengenai kreasi selanjutnya, si mas yusuf ini berkata “kita sedang berkreasi dengan penambahan silinder lagi untuk jenis Honda CB, kita akan tambah menjadi 3 silinder atau 3 piston, tapi sekarang masih tahap pengerjaan” . kita tunggu saja kreasi gila dan inovatif dari orang lokal kita, dan bagi anda yang doyan dengan motor kustom terutama dengan CC besar, anda bisa mengunjungi Semangat Putra Motor Jl. Sultan Agung Purwokerto Selatan- Jawa Tengah, atau anda bisa menghubungi di nomor telepon 0857 4706 4611, karena untuk urusan ini mereka adalah ahlinya, seperti moto mereka “build the imagination engine of motorcycle “.     argo

BANDUL V TWIN RUBY 250 CC (1,7 JT)

cb v twin Kaw2053-tech-crank-lg

Honda CB 100cc jadi Monster 523 cc

Hemmm…makin menjamur dan makin gila aja nih modifikator mesin ….perkara modif mesin 2 Cilinder bukan perkara modifikasi biasa ini sudah out of the box… radikal custome atau bisa di katakan gila…perhitungan, pengalaman, waktu dan biaya harus benar-benar matang dan ekstra full…salah sedikit Mall praktek deh alias produk gagal duit Zonk…dan tentunya kendala awal-awal untuk membangun motor ini pasti akan selalu di bayang-bayangi oleh banyak kendala….dari sisi tehnis hasilnya harus memenuhi syarat jalan dan awet….dari segi biaya pastinya tidak membutuhkan biaya yang sedikit….dari segi waktu tentunya membutuhkan waktu yang lama…dari segi pemikiran pastinya harus mencari refrensi dan pemikiran yang ekstra ….wah pokonya serba luar biasa kompleks….namun semua ini untuk langkah awal ya tentunya….

cb twi v 500 cc 1

Namun hal itu bukanlah menjadi hal yang sulit bagi  bro Dwi asal semarang ini jika memiliki tekat dan semangat yang kuat…langkah awal membangun motor ini bro dwi memulainya dari pembuatan kruk as yang di custome menjadi 2 satang dengan satu bandul daun kruk as….dengan menggunakan bahan kruk as Scorpio di padu stang seher cb dengan pen kruk as yang agak panjang agar muat di masukin 2 stang seher tanpa harus menipiskan stang sehernya….jadi posisi kruk as sekarang menjadi agak melebar…alasan tidak menipiskan stang seher karna piston akan di jelali untuk menyanggah piston scorpio yang berdiameter 70mm
wew..bisa kebayangkan kalo di tipisin takut jebol bro….

pemasangan pen kruk as yang panjang di barengi oleh langkah stroke up dari standar scorpio yang 58mm menjadi 68 mm agar torsi yang di dapat makin gahar …..al hasil tes ride pertama langsung bikin gosong 7 sekligus kampas kopling padahal baru jalan ratusan meter saja….bisa kebayangkan bengisnya tenaganya….lanjut ke proses pembuatan… selanjutnya proses pembuatan calter mengikuti dudukan baru kruk as yang di modif menjadi 2 stang seher tadi…tentunya di buat agak melebar untuk itu dudukan bearing sebelah kiri di geser kekiri 2,5cm….nah berikutnya membuat dudukan baut tanem menjadi 2 blok yang terpisah yang membentuk sudut 60 derat otomatis baut tanemnya jadi 8 yang tadinya hanya ada 4…cekidot gambar di bawah

 cb v twin 1 cb v twin 2
Carter/Crank case Custom jadi 2 silinder

jangan lupa termaksud merubah posis rantai ketengnya juga kawan….disini ribetnya blok head scorpio jika di di buat engine swap untuk motor CB…karna posis rantai ketengnya berada di sebalah kanan….tapi bro dwi punya cara lain agar putaran mesinya jadi seimbang…posisi rantai keteng di buat menjadi kanan dan kiri bro….aje gile bisa kebayang ngerubah jeroan yang ada di head kalo posisi keteng di kiri…pusiiiinnnngggg…
jadi posis kelp harus di tukar…yang ex buat in …yang in buat ex….begitu juga Camnya di rubah juga durasinya biar ketemu tuh posisi buka tutup kelpnya dengan blok head yang di sebelahnya……benerkan butuh pemikiran dan waktu yang ekstra gile bener da ah….

Mengatisipasi liarnya tenaga motor ini  terpaksa rasio di tambah 1 speed yang awalnya standar Cb hanya 5 menjadi 6 speed….dan kampas koplingnya di tumpuk hingga menjadi 10 biji biar ga cepat angus…di sektor pengapian bro dwi lebih seneng menggunakan sistem AC dengan magnet dan spool milik scorpio…lalu kemudian CDI nya di bikin 2 buah bisa menggunakan grand atau kaze yang limit rpmnya lumayan tinggi..karna sehernya uda gede-gede karbunya jadi ngimbangin nyaplok karburatornya ninja 2 biji….dan di pasang oil cooler satria fu biar saat turing atau jarak jauh motor ga cepat panas…Dan biar ga pada penasaran pengen denger suara seperti apa…? untuk itu IBLJ selipin cuplikasn videonya agar lebih meyakingkan bahwa hasil dari semua modifikasi ini benar-benar ada…

Hadiah dari Doel Prepal sebuah lagu …keep classic!! Live ..let love

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s