Mobil Klasik : Sedan Mitsubishi Galant Sigma 1600 cc 1982 Retro Keren…. From Bandung

Dear klasik brader semua, saya menemukan piece of classic di jalanan kota Bandung.

Tertarik dengan “classic Looks ” nya. Kueren banget.

galant sigma 2

Galant Sigma tahun 79-82 an. Kelihatannya versi 2000 cc. Kendaraan ini ada dalam dua seri mesin yakni 1600cc dan 2000 cc. Dan modifikasinya sangat simple, hanya merubah sektor ban dan velg saja, sudah membuatnya sangat good Looking.

Baik. Saya sudah ,melihat ban depan spec nya adalah : 185/65/ R 15 …plus diceperkan. Ban belakang lebih besar yakni :

galant sigma ban depan

215/45/ R17 dan tentu ceper pula. Sekedar sharing begini cara membaca spec bannya : depan 185 berarti dimensi lebar ban, 65 adalah tinggi ban, sedang R 15 adalah untuk velg ring 15.

galant sigma1

Ban belakang gambot bro,  dan lebar mengejar velg racing R17 !!

IMG_20150427_140517

Cantik ya Brow….

Untuk sektor mesin,dengan yang versi 1600 cc saja, tenaganya top banget dengan karbu aslinya, benar-benar nggak habis ditanjakan 25 derajat sekalipun apalagi yang 2000 cc. Dan konsumsi bensin adalah 1:11 utk yang versi 1600cc normalnya (klaim pabrik), tapi realnya mungkin sekitar 1:10 an,lumayan iritlah.

Akan tetapi sayangnya memang mendapatkan karburator asli Jepang akan sangat mahal, dan memakai yang asli bawaan karena sudah berumur spertinya mulai banyak masalah, misal tidak bisa langsam, banjir, dll. Solusinya untuk Galant adalah memakai karburator punya Toyota Kijang 5K. Hanya, kalau sudah diganti performa ditanjakan saya rasakan kurang, tetapi overall, cukup puas lah, karena saya tidak ngejar fitur kebut-kebutan. Informasi dari bengkel karburator di Bandung, Pak Ade di Banceuy bilang kalau karbu baru yang versi kw Surabayaharga 500 ribuan barunya , performa tidak bagus, tidak bisa langsam (info ini belum saya buktikan sendiri).

Spesifikasi :

Mitsubishi Galant Sigma 1600 4-speed
as offered for the year 1982 in Japan

Production/sales period of cars with this particular specs: November 1981 – September 1983
Country of origin: J Japan
country flag
Make: Mitsubishi
Model: Galant 4th generation (A160) (Galant Sigma)
1980-1984
Submodel: Galant 4th-gen. (Galant Sigma) Sedan (JDM)
1980-1983
Optional equipment: L
EEC segmentation: D (large cars)
Subsegment: D-1 (large sedans)
Class: mid-size / large family car
Body style: sedan
Doors: 4
Traction: RWD (rear-wheel drive)
Powertrain
Engine manufacturer: Mitsubishi Saturn-series 4G32
Engine type: spark-ignition 4-stroke
Fuel type: petrol (gasoline)
Fuel system: carburetor
Charge system: naturally aspirated
Valves per cylinder: 2
Valves timing:
Additional features: 2-barrel
SOHC
Cylinders alignment: Line 4
Displacement: 1597 cm3 / 97.8 cui
Bore: 76.9 mm / 3.03 in
Stroke: 86 mm / 3.39 in
Compression ratio: 8.5 : 1
Horsepower net:
Torque net:
Horsepower gross: 63.5 kW / 86 PS / 85 hp (JIS)
/ 5000
Torque gross: 132 Nm / 97 ft-lb
/ 3000
Redline rpm:
Car power to weight ratio net: 57 watt/kg / 26 watt/lb (estimated by a-c)
Car weight to power ratio net: 17.5 kg/kW / 12.9 kg/PS / 28.8 lbs/hp (estimated by a-c)
Fuel capacity: 60 liter / 15.9 U.S. gal / 13.2 imp. gal
Drivetrain
Gearbox:
Transmission type: manual
Number of gears: 4
Gear ratios (overall):
I 3.525 (13.78)
II 2.112 (8.26)
III 1.442 (5.64)
IV 1 (3.91)
V ()
VI ()
VII ()
VIII ()
R 3.867
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 45 / 28
II: 75 / 47
III: 111 / 69
IV: 159 / 99
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 8.2 / 5.1
II: 13.7 / 8.5
III: 20.1 / 12.5
IV: 29 / 18
Final drive ratio std: 3.909
optional:
Standard tires: 165 SR 13
Top speed: 158 km/h / 98 mph

Sisi positif Mobil Galant tua ini adalah:

1. Karburator plug n play (langsung pakai tanpa bikin dudukan /adaptor) bisa dipakai yang punya kijang. Untuk spare part ini bisa dibilang aman.

2. Menurut info dari bengkel, mesin Galant ini masih mudah dicari sparepartnya, sama dengan mesin mitsubishi tua lainnya seperti Lancer, Colt T (Tua).(ini masih berupa klaim, perlu dicarikan data penguatnya)

3. Kabel persneling masih mudah didapatkan.

4. Dengan karburator kijang saya dapatkan konsumsi bensin sekitar 1 liter untuk 9 Km. Cuma untuk overlap/nyelip mobil agak lemot dibandingkan karbu aslinya. Harus dibejek full gas baru mau lari kencang.

5. Power cukup besar, dan mantap ditanjakan 25 derajat.

6. Pompa bensin bisa pake model elektrik/rotax (IB. Info Bengkel)

7. Pompa bensin galant masih banyak, bisa pake punya kijang.

8. Kopling bisa dipantek,dengan harga sekitar 1 juta plus pasang. klo ori sekitar 2 juta kopling aja.

9. Timing belt galant 81 1600cc gigi 122 kotak..bukan yang round harga sekitar 800rb di Bandung.

10.Pelk Pcd 114 (ukuran diameter ulir pengencang) sama dengan kijang

12.Melihat seri mesin 4G32, adalah basic Saturn engine, sedangkan Lancer SL 4G32 1400cc.Dimensi langkah piston sama dengan lancer hanya beda besar diameter piston saja.

Sisi Negatif Galant Sigma:

1. Jika masuk bengkel dan harus beli sparepart oleh pihak bengkel, maka penjual akan menanyakan mobil tipe apa dll,…mereka tau…mobil klasik berarti diberi harga mahal ..ouch..solusi…anda cari dan beli sendir part nya…dapatkan yang termurah…mungkin bisa via club klasik. Ini terjadi saat saya ganti timing belt, dihargai 700 rebu….padahal untuk lancer SL sekitar 400 ribu…

2. Mungkin akan mogok disembarang tempat….jangan kaget…namanya barang sudah lama terkena oksigen bumi….keep calm…dan milikilah satu nama kontak bengkel kepercayaan anda di android anda…dorong mobilke tempat yang aman…cari teman baru dengan menitip mobil kepadanya…berikan sedekah anda …dan hidup anda jauh lebih berkah bukan?, cari tau penyebabnya bersama bengkel pribadi anda…dan anda tidak bisa diburu waktu…sabar bray.

3. You need to be a resourceful man….harus pinter pinter bray…yang megang mobil tua bukanlah orang yang suka instan dan penakut…. belajar sedikit tentang engine.

4. Utk impo timing belt klazik…

https://prepalband.wordpress.com/2016/04/01/daftar-list-timing-belt-mobil-klasik/

5.Pompa bensin bermasalah di Galant?

Pompa bensin Galant Sigma

ok…sepertinya saya sudah terlalu banyak bicara…

Jika ingin tahu mobil klasik rekomendasi saya klik :

Mobil keluarga yg siap kemana saja…

Perjalanan ke Pantai Sawarna dengan Jimny Tua

Atau mengapa tidak menuliskan mobil yg kamu sukai…temukan cara menuliskan di :

Cara menulis mudah..

sedikit mengenang…My Galant 1981 (82) a lovely retro tour to Santolo Beach, Garut🙂

IMG_03052015_091808

WARNING: HATI-HATI VIRUS R3 -T120 BISA MENGINFEKSI OTAK ANDA

Satu lagu Doel ….utk dear Klazikers…..

Utk Bidadariku

12 thoughts on “Mobil Klasik : Sedan Mitsubishi Galant Sigma 1600 cc 1982 Retro Keren…. From Bandung

  1. yopaks Februari 3, 2016 / 4:57 am

    Mantap..

    • Doel Prepal April 26, 2016 / 8:58 am

      Rem depan cakram belakang tromol bro

  2. agoes lalu Februari 29, 2016 / 9:52 pm

    mantap,,,,mirip sama punya ane bang, cuman lagi sakit dikit dikarbunya,,,terpaksa sementara pakai karbunya L300,,,,yg penting bisa jalan dulu,,,,hehe
    kira2 dimana ya bang tempet beli karbukit nya si retro ne…???
    susah nyari sini bang….Mataram

  3. anwari Juli 31, 2016 / 2:11 pm

    man tap bro…ane jg lg make galan sigma

  4. yeni November 18, 2016 / 1:46 pm

    bro. aku kepengen beli galant 80. velg racing,
    ada ac. dah ada mobilnya tpi mati pajak 5 th. hrgnya 4jt. kira2 kemahalan pa gk bro? bls di emailku. trimakasih..

    • Doel Prepal November 21, 2016 / 11:25 pm

      Kalo body msh padet..gak bnyak kropos…mesin apik…yo murah jaya itu

  5. prananta November 24, 2016 / 1:25 am

    Kalo mau beli aksesoris galant sigma seperti console box dimana bos…mihon info nya..tksh

    • Doel Prepal November 24, 2016 / 1:33 am

      Yaitu bro…sudah sulit utk aksesoris…setau aq ya harus rajin berburu di mbah gugel dan komunitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s