Kemampuan Mobil Klasik 70 – 80 an di Tanjakan

Land_Rover_Series_III_TDI_For_Sale_Front_resize

Dear PrepalFriends,

Simple….It’s all about Gear Ratio…bro

gear chain.jpg

Bisa analogi dg gir motor  di atas.

Kali ini saya membahas tentang kemampuan mobil Klasik di tanjakan. Begini, suatu saat anda merencanakan pulkam, tentu kendaraan berjubel. Kalau kondisi di jalan mendatar mungkin tidak terlalu tegang, tapi kalau posisi anda sedang macet dan di tanjakan seperti Emen atau Gentong di Tasikmalaya, ketika mobil harus stop and go akan menjadi masalah. Mobil tidak bisa mengikuti irama jalan merayap 3 km per jam. Kemampuan merayap 3 km perjam ini dimiliki oleh kendaraan besar sperti truk dan mobil off road, dimana gear ratio gigi 1 bisa sampai 15.0 atau lebih. Di jalan tanjakan dan dimana mobil harus bisa berjalan sangat pelan-merayap , maka jawabannya adalah pada gear ratio mobil anda. Semakin besar gear ratio pada gigi 1, semakin tenang anda berjalan dengan mobil kesayangan anda dalam medan seperti apapun…seperti kata promosi Jimny Katana : “the conqueror of all terrain”.

Jadi, isunya adalah mobil apa yang klasik , harga terjangkau dan kuat di tanjakan?

Menurut pengalaman bermobil dan teori yg saya lihat di automobile catalog…saya merasa nyaman jika rasio gir 1 x Final Gear (rasio gardan blkg) = 15 ke atas.

Contoh , mobil Jimny 4×2 saya ubah gear standar yg lama rasio nya 4.11 (Final Gear) di ganti mejadi rasio 5.11 di kali rasio gir 1 = 3.160 (data automobile catalog) .

standar Jimny = 4.11 x 3.160 = 12.9876 (kurang dari 15…payah di tanjakan)

Modif gardan belakang Jimny = 5.11 x 3.160 = 16.1476

dapet rasio 16….sudah pas buat jalan ke gunung.

OK…sekarang lihat rasio sang raja offroad..Land rover series III… (1970 -1980)…2200 cc petrol…

Drivetrain
Gearbox: Rover
Transmission type: manual
syncromesh on all forward gears
Number of gears: 4
Gear ratios (overall):
I 3.68 (19.87)
II 2.22 (11.99)
III 1.5 (8.1)
IV 1 (5.4)
V ()
VI ()
VII ()
VIII ()
R 4.021
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 32 / 20
II: 53 / 33
III: 78 / 48
IV: 118 / 73
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 7.1 / 4.4
II: 11.8 / 7.3
III: 17.4 / 10.8
IV: 26.1 / 16.2
V: /
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 5.4

Hitung:

Final Gear = 5.4

Rasio Gear 1 = 3.6

FG x Gigi 1 =  5.4 x 3.6 = 19.87

Angka 19.87 sangat top walau masih pakai mode 2 WD bro…. Jangan tanya rasio setelah masuk ke TC 4×4 yaaa….kalo di Landy rasio TC adalah minimal kali  dua …dapet rasio 19.8 x 2.3 low = 40 an ( terbayang bro??) bahkan rasio ada yg sampai 70 utk  Landy …

Utk Jimny Low rasio 4×4 bisa dapet 15 x 2.6 = 35 lebih.

Masih kurang yakin…lihat mobil Daihatsu Xenia…

Drivetrain
Gearbox:
Transmission type: manual
Number of gears: 5
Gear ratios (overall):
I 3.769 (21)
II 2.049 (11.41)
III 1.457 (8.12)
IV 1 (5.57)
V 0.838 (4.67)
VI ()
VII ()
VIII ()
R 4.128
Speed range
(max speed on gears,
top gear value theor.): (km/h/mph)
I: 33 / 21
II: 60 / 37
III: 84 / 52
IV: 123 / 76
V: 146 / 91
VI: /
VII: /
VIII: /
1000rpm speed: (km/h/mph)
I: 5.3 / 3.3
II: 9.8 / 6.1
III: 13.8 / 8.6
IV: 20.1 / 12.5
V: 24 / 14.9
VI: /
VII: /
VIII: /
Torque converter factor:
Final drive ratio std: 5.571

lihat Bro…di gigi 1 rasio 21….itu adalah gigi buat menaklukkan tanjakan Puncak Bintang Dago bro..
Jimny SJ 410- berjulukan “all terrain conqueror”Lalu berapa gear ratio yang aman untuk tanjakan ? menurut saya yang aman adalah pada gigi satu gear ratio minimal 3,4. Ini adalah gear ratio yang dimiliki kendaraan Mitsubishi Lancer SL. gear ratio yang tidak cocok di tanjakan? menurut saya kurang dari 3.2 untuk gigi satu. saya sertakan list gear ratio untuk mobil klasik terkenal di Indonesia. Dengan demikian saya menyarankan tidak memakai Daihatsu Charade CS untuk touring di tempat yang macet dan menanjak, tapi untuk medan yang datar dan tanjakan tidak terlalu ekstrem (lebih dari 15 derajat) Charade lebih asyik untuk manuver dan balap. Dengan demikian mobil seperti Jimny, Lancer SL, Fiat, Corolla sangat bersahabat dengan tanjakan.

Gear Ratios Mobil Klasik 80an

  • 1 st gear = 3.650
  • 2nd gear = 1.946
  • 3rd gear = 1.422
  • 4th gear = 1.000
  • Reverse = 3.463

Daihatsu Charade CS 1982

  • 1th gear ratio: 3,09:1
  • 2th gear ratio: 1,84:1
  • 3th gear ratio: 1,23:1
  • 4th gear ratio: 0,86:1

Honda Civic SB3 hatchback 1984

Gear Ratio:

  • 1st Gear: 3.272
  • 2nd Gear: 1.666
  • 3rd Gear: 1.041
  • 4th Gear: 0.777
  • 5th Gear: 0.655
  • Reverse Gear: 2.916

Suzuki forsa Hatchback 1986

  • Manual transmission all except1.3 DOHC except all FWD, except all 1.6L:
  • 1st gear: 3.416 (revised to 3.58:1 on US 1.3L 1995+ only ?)
  • 2nd gear 1.894
  • 3rd gear: 1.280
  • 4th gear: 0.914
  • 5th gear: 0.757
  • Reverse: 3.272

Toyota Starlet 1985

  • 1th gear ratio: 3,55:1
  • 2th gear ratio: 1,90:1
  • 3th gear ratio: 1,31:1
  • 4th gear ratio: 0,97:1

Misubishi lancer SL

  • 1 st gear =3.444
  • 2nd gear =2
  • 3rd gear =1.316
  • 4th gear = 1
  • 5th gear = 0.853

Toyota

KE10, KE20, KE30, possibly KE55 w/ 4 Spd (Corolla 1974)

  • 1st 3.684
  • 2nd 2.050 with 1K motor,
  • 022 with 3K motor
  • 3rd 1.383
  • 4th 1.000
  • Rev 4.316

KE55 w/ 5 spd, KE70 (Corolla DX)

  • 1st 3.789
  • 2nd 2.220
  • 3rd 1.435
  • 4th 1.000
  • 5th 0.865
  • Rev 4.316

Fiat 124 special 1974

  • Ist gear =3.797
  • II nd gear=2.175
  • IIIrd gear =1.41
  • IVth gear =1.0

Landrover 1984

  • Ist gear = 4.069
  • II nd gear=2.448
  • IIIrd gear =1.505
  • IVth gear = 1.0

Sekarang anda bisa memilih sendiri kendaraan klasik anda yang aman untuk diajak jalan ke luar kota, dalan kondisi jalan macet dan menanjak seperti apapun, you have the choice!

Okay dear PrepalFriends, sambil jjs merasakan angin  berhembus dari kaca pintu mobil klasik anda …terdengar nada klasik slow rock lagu Prepalband….”Bintang” untuk anda semua… yang mengingatkan anda pada cinta lama anda ( arghhhh)

2 thoughts on “Kemampuan Mobil Klasik 70 – 80 an di Tanjakan

  1. fu user Agustus 16, 2016 / 6:41 pm

    kok saya kurang setuju ya om,kuat enggaknya nanjak kan juga dipengaruhi oleh torsi mesin & bobot mobil itu sendiri..klo kasusnya itungan diatas menggunakan 1jenis mesin yg sama dg rasio berbeda2 baru setuju. CMIIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s